Rabu 04 Oct 2023 23:16 WIB

Polisi Tangkap 34 Pelaku Karhutla di Riau Selama Januari-September

Saat ini masih terjadi kebakaran lahan di sejumlah daerah di Riau.

Petugas dari satgas gabungan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) (ilustrasi). Polda Riau menangkap sebanyak 34 orang pelaku karhutla selama Januari-September.
Foto: Antara//Auliya Rahman
Petugas dari satgas gabungan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) (ilustrasi). Polda Riau menangkap sebanyak 34 orang pelaku karhutla selama Januari-September.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) Provinsi Riau telah menangkap sebanyak 34 orang pelaku kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama Januari-September 2023. Dari 34 orang tersangka itu, terdapat 35 perkara atau kasus yang ditangani berkasnya oleh penyidik.

"Paling banyak ditangani Polres Rokan Hilir (Rohil) yaitu 11 orang tersangka," kata Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Riau Kompol Andrie Setiawan, dalam keterangan persnya di Pekanbaru, Rabu (4/10/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan dari 34 pelaku yang ditangkap berasal 35 kasus dengan jumlah kasus terbanyak ditangani Polres Rokan Hilir 10 kasus dan 11 tersangka. Selanjutnya Polres Indragiri Hilir 6 tersangka dengan 6 perkara, Dumai 6 orang tersangka dengan 6 perkara, dan Bengkalis 3 tersangka dengan 6 perkara.

Berikutnya Polres Kuansing katanya menyebutkan menangani 4 perkara dengan 4 tersangka, Polresta Pekanbaru 1 tersangka, Rokan Hulu 1 orang. Sedangkan Polres Pelalawan menangani 2 tersangka dengan 1 perkara. "Sejumlah berkas perkara sudah ada yang dilimpahkan ke kejaksaan namun untuk kasus yang menjerat korporasi saat ini masih nihil," katanya.

Dia mengatakan, karhutla adalah suatu peristiwa terbakarnya hutan dan/atau lahan, baik secara alami maupun oleh perbuatan manusia, sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbulkan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan politik. Oleh karena itu pelaku harus mendapat tindakan sesuai prosedur hukum berlaku.

Kepala BPBD Riau Edy Afrizal mengatakan saat ini masih terjadi kebakaran lahan di sejumlah daerah, akan tetapi karhutla di Riau tidak menimbulkan kabut asap. "Kabut asap yang terasa sampai Pekanbaru ini kiriman dari Sumatra Selatan. Asap akibat karhutla di Riau tidak sampai menyebar kemana-mana, karena cepat dipadamkan tim gabungan," kata Edy.

Edy menyebutkan luas lahan terbakar di Provinsi Riau sepanjang 2023 ini mencapai 1.906 hektare (Ha) yang terbakar. Total luas lahan yang terbakar hingga 30 September 1.906 ha.

"Kebakaran lahan paling luas di Bengkalis 393 hektare, lalu di Indragiri Hulu 308 Ha, Indragiri Hilir 255 Ha dan Rokan Hilir 236 Ha. Selanjutnya disusul daerah lain dengan angka di bawah 200 Ha terbakar. Lahan terbakar paling sedikit 18 Ha yaitu Kuantan Singingi," jelas Edy.

Sementara itu saat ini tersisa dua unit helikopter water bombing yang siaga di Riau. Padahal sebelumnya heli di Riau ada 5, tapi dialihkan ke Sumatra Selatan dan Kalimantan Tengah.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement