Ahad 01 Oct 2023 08:25 WIB

Hari ke-2 Rakernas PDIP, Megawati Imbau Kader Turun ke Bawah

Puan Maharani singgung soal kesetiaan di Rakernas PDIP.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama putranya M Prananda Prabowo, dan putrinya Puan Maharani, saat mendatangi Pameran Pangan Plus Rakernas IV PDIP 2023.
Foto: Dok. Istimewa
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama putranya M Prananda Prabowo, dan putrinya Puan Maharani, saat mendatangi Pameran Pangan Plus Rakernas IV PDIP 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rapat kerja nasional (Rakernas) IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali mendengarkan arahan khusus dari Megawati Soekarnoputri. Forum kali ini digelar tertutup, yang membahas kedaulatan pangan hingga pemenangan Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menyampaikan salah satu pesan Megawati, yakni seluruh kadernya diminta untuk terus turun ke masyarakat. Khususnya dalam mewujudkan tema Rakernas IV kali ini, yakni "Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat".

Baca Juga

"Tiga pilar partai harus bergerak tanpa ragu-ragu. Bergerak dengan penuh keyakinan, penuh narasi, mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang pangan dan pentingnya membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia," ujar Hasto di sela Rakernas IV, Sabtu (30/9/2023).

"Melalui peningkatan kualitas pendidikan, penguasaan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi, dan partai menyelesaikan masalah-masalah rakyat. Bahkan persoalan terkait stunting pun dibahas secara detail," ujarnya menambahkan.

 

Selain itu, turut dibahas ihwal pemenangan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Termasuk kerja sama politik yang saat ini dijalin PDIP bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

"Juga bagaimana kerja sama pemenangan Pemilu Presiden dengan PPP, Perindo, dan Hanura, serta merangkul kekuatan relawan," ujar Hasto.

Megawati juga juga menegaskan tentang pentingnya saksi pada Pemilu 2024 dan regu penggerak pemilih. Dimana pihaknya menunjuk anggota Komisi II DPR Fraksi PDIP Arif Wibowo sebagai ketua tim tersebut.

"Badan Saksi Pemenangan Pemilu yang juga harus mengaplikasikan berbagai teknologi terapan di dalam mengamankan suara rakyat. Sehingga setelah arahan Ibu Megawati hari ini dilakukan pembahasan terhadap penggunaan artificial intelligence di dalam pemenangan Pemilu, di dalam mengorganisir rakyat," ujar Hasto.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani Puan menekankan tentang cita-cita PDIP dalam berpolitik adalah untuk menyejahterakan rakyat. Hal tersebut sudah menjadi komitmen perjuangan partai tersebut sejak awal berdiri.

Setia dan tidak menyerah juga menjadi pesan Puan kepada seluruh kader PDIP untuk menghadapi Pemilu 2024. Sebab, berbagai ujian akan dihadapi jelang kontestasi nasional lima tahunan ini.

"Kalau setia, pastinya akan sampai di ujung tujuan. Kesetiaan itu kriteria atau hal yang bikin partai kita besar dan tidak mudah menerjang badai," ujar Puan.

"Di politik pasang surut itu biasa, yang penting kita teguh. Susah, tapi kita harus bisa, harus yakin kita mampu melakukannya," ujar Ketua DPR itu menambahkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement