Selasa 26 Sep 2023 19:41 WIB

Super Air Jet Terbang Perdana dari Bandara Pekanbaru ke Kuala Lumpur

Penerbangan Super Air Jet menggunakan pesawat Airbus A320 membawa 180 penumpang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Penumpang turun dari pesawat Super Air Jet usai mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Penumpang turun dari pesawat Super Air Jet usai mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menambah layanan penerbangan rute internasional tujuan Kuala Lumpur, Malaysia. Penambahan itu seiring dengan mulai beroperasinya maskapai Super Air Jet per Selasa (26/9/2023).

Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko menyampaikan, penerbangan menuju Kuala Lumpur tersedia dengan frekuensi setiap hari. Tujuannya supaya memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pelanggan untuk merencanakan perjalanan keluar negeri.

"Penerbangan Super Air Jet menggunakan pesawat Airbus A320 yang berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi," kata Radityo melalui siaran pers di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa.

Penerbangan perdana dimulai dengan nomor penerbangan IU 190 berangkat perdana dari Bandara SSK II Pekanbaru menuju Kuala Lumpur pada pukul 13.10 WIB. Maskapai tersebut membawa 180 penumpang.

Penerbangan Super Air Jet perdana dari Pekanbaru-Kuala Lumpur ditandai dengan prosesi pengalungan bunga kepada lima penumpang sebelum boarding. Radityo berharap, penambahan opsi penerbangan dari Pekanbaru ke Kuala Lumpur dapat berdampak konektivitas internasional dari dan ke Pekanbaru.

“Saya berharap bahwa penerbangan perdana ini, akan membuka pintu bagi lebih banyak peluang bisnis, dan wisata antara kedua negara, serta meningkatkan konektivitas global bagi kota Kuala Lumpur," ujar Radityo.

Menurut dia, setelah bertolak ke Kuala Lumpur, Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU 191 kembali mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru pada pukul 15.10 WIB. Pesawat membawa 74 penumpang.

"Pada kesempatan ini, seperti biasa dilakukan pemberian tanjak dan selempang kepada pilot, copilot dan kru pesawat manajemen Bandara SSK II Pekanbaru, dan juga dari ASITA," kata Radityo menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement