Senin 25 Sep 2023 20:46 WIB

Pemkab: 5.824 KK Terdampak Pembangunan Waduk Cibeet-Cijurey

Pemkab Bogor Tengah melakukan persiapan untuk membangun Waduk Cibeet-Cijurey.

Ilustrasi waduk. Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencatat 5.824 KK di tiga kecamatan terdampak pembangunan Waduk Cibeet-Cijurey.
Foto:

Sementara pembangunan Waduk Cijurey merupakan permintaan langsung dari warga Kabupaten Bogor untuk mengairi lahan persawahan yang kering saat kemarau. Waduk tersebut juga diyakini dapat mereduksi banjir hingga 59,33 persen.

Desain Waduk Cijurey cenderung lebih kecil dari Cibeet, yaitu dengan lahan seluas 203,9 hektare di empat desa yang ada di tiga kecamatan, yakni Sukamakmur, Cariu dan Tanjungsari.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi pembangunan waduk di Bogor, Ahad (17/9/2023) menyebutkan Program Strategis Nasional (PSN) ini memasuki tahap pembebasan lahan.

"Penlok (penetapan lokasi) dari gubernur sudah ada. Tinggal pembebasan lahan nanti dilakukan tim apraisal," kata dia.

Menurut Basuki, progres pembangunan dua bendungan sebagai upaya pengendalian banjir di wilayah hilir Sungai Citarum itu, setelah tahap penetapan lokasi, kemudian persiapan pembebasan lahan.

"Masyarakat juga sudah menerima usai disosialisasi dengan baik oleh Pak Mulyadi dari Komisi V DPR RI dan Pemkab Bogor," ujar Basuki saat itu.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement