Senin 25 Sep 2023 08:29 WIB

Pj Bupati Tangerang Kecam Aksi Premanisme Ormas di Pasar Kutabumi

Pj Bupati Tangerang Andy Ony mengecam aksi premanisme ormas di Pasar Kutabumi.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Ilustrasi Kericuhan. Pj Bupati Tangerang Andy Ony mengecam aksi premanisme ormas di Pasar Kutabumi.
Foto: antara/Fanny Octavianus
Ilustrasi Kericuhan. Pj Bupati Tangerang Andy Ony mengecam aksi premanisme ormas di Pasar Kutabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Dr Andi Ony P bersama Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono dan Dandim 05/10 Tigaraksa, Letkol. Arh Syarief SB dan Sekretaris Daerah Moch Maesyal Rasyid memantau langsung situasi gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) akibat kerusuhan di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, Ahad (24/09/23) sore. Insiden tersebut sangat disayangkan.

Pj Bupati Tangerang Andi Ony P mengatakan, dirinya dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Tangerang sangat menyayangkan kejadian bentrokan yang terjadi di Pasar Kutabumi. 

Baca Juga

"Kami sangat menyayangkan dengan adanya kejadian ini. Hal-hal tindak kekerasan seperti ini seharusnya tidak boleh terjadi di Indonesia, tindakan humanis itu harusnya yang dikedepankan. Semangat jiwa gotong royong itu sudah ada dari dulu. makanya saya menyayangkan adanya hal ini," katanya, Ahad.

Menurutnya, tindakan humanis harus dikedepankan sehingga kekerasan tidak perlu terjadi karena sangat merugikan banyak pihak. Ia melanjutkan, Pemkab Tangerang sudah berkoordinasi dengan Forkopimda dan seluruh pihak-pihak kususnya Kepolisian untuk menelaah lebih lanjut kejadian tersebut dan hasilnya nanti akan disampaikan dan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak kepolisian.

Sementara itu Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengungkapkan malam hari ini jajaran Forkopimda Kabupaten Tangerang hadir untuk mengklarifikasi peristiwa yg terjadi sore hari tadi oleh sekelompok massa dan pedagang dan menjamin kondisi tetap kondusif.

"Pada saat ini kami akan menjamin kondisi telah kembali normal dan berhasil di tangani dan kondusif," ujarnya.

Dirinya menambahkan, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan dan investigasi lebih dalam terkait peristiwa ini, sekaligus mencari pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap tindak pidana dan motifnya. Ia menghimbau kepada seluruh pihak yang terlibat untuk sukarela menyerahkan diri kepada pihak kepolisian.

"Hari ini pihak Satpol PP dan Polsek Pasarkemis telah ada di lokasi kejadian untuk menjaga dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Kami menghibau kepada pihak yang terlibat untuk secara suka rela untuk menyerahkan diri kepada polisi dan kami akan menegakan hukum secara profesional," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement