Ahad 24 Sep 2023 10:15 WIB

Tanggap Bencana, Pertamina Edukasi Masyarakat untuk Mitigasi Kebakaran

Mayoritas kebakaran di Indonesia salah satunya akibat aktivitas rumah tangga.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi).  PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melakukan edukasi masyarakat untuk mitigasi kebakaran.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi). PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melakukan edukasi masyarakat untuk mitigasi kebakaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat kembali menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Penanggulangan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana kepada masyarakat Desa Dawuan Barat, Kabupaten Karawang. Pelatihan ini dilakukan sebagai mitigasi dini oleh masyarakat terhadap berbagai potensi bencana kebakaran. 

Terlebih, mayoritas peristiwa kebakaran yang terjadi di Indonesia salah satunya diakibatkan aktivitas rumah tangga. Dengan teredukasinya masyarakat sekitar, diharapkan potensi terjadinya bencana kebakaran dapat diminimalkan sehingga tercipta lingkungan yang aman.

Baca Juga

Area Manager Communication, Relations & CSR, Eko Kristiawan menyampaikan, program ini telah menjadi momentum kolaboratif bersama stakeholders dalam meminimalisir potensi bencana kebakaran. Program ini juga merupakan komitmen dalam melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs) dan pengelolaan bisnis perusahaan sesuai dengan aspek Environment, Social, Governance (ESG). 

“Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik dalam mendorong sinergitas seluruh stakeholders dalam melakukan mitigasi bencana. Harapannya, program ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait tindakan yang perlu diambil jika terjadi bencana kebakaran. Apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ini,” kata Eko, dalam keterangannya, Ahad (24/9/2023). 

Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Karawang Dian Mardiansyah, mengatakan, hal tersebut merupakan langkah nyata dalam mendukung keselamatan, keamanan, dan lingkungan (HSSE) serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat yang posisinya dekat operasional perusahaan.

Adapun edukasi terkait bencana secara umum dan bagaimana masyarakat dapat berkontribusi dalam penanggulangan risiko bencana. Hal ini sangat penting karena kesiapsiagaan masyarakat dapat memainkan peran kunci dalam merespons bencana kebakaran dengan cepat dan efektif sebelum bantuan resmi tiba. 

Pelatihan ini sangat baik agar masyarakat mengetahui langkah-langkah awal yang harus dilakukan ketika musibah terjadi. Selain itu, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan tentang api dan kebakaran, serta cara mengatasi dan mengendalikannya ketika terjadi peristiwa kebakaran.” ujar Dian. 

Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi materi dan sesi simulasi. Sesi materi mencakup pemaparan tentang bahaya kebakaran dalam skala rumah tangga dan tindakan awal yang harus dilakukan ketika terjadi bencana kebakaran.

Sementara sesi simulasi melibatkan peserta dalam pemadaman api menggunakan peralatan sederhana yang tersedia di sekitar, seperti handuk, karung, dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Pada kesempatan ini dilakukan juga serah terima bantuan dua unit APAR untuk kantor Desa Dawuan Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement