Sabtu 23 Sep 2023 18:57 WIB

Pipa Bocor di Tanah Abang, PAM Jaya Kirim Air Bersih Gunakan Mobil Tanki

Ada 41 kelurahan terdampak mengalami kekurangan, bahkan penghentian aliran air.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Pekerja mengisi air bersih yang bersumber dari PAM Jaya ke jeriken akibat pasokan air bersih terhambar (ilustrasi).
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Pekerja mengisi air bersih yang bersumber dari PAM Jaya ke jeriken akibat pasokan air bersih terhambar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PAM Jaya masih berupaya memastikan posisi titik kebocoran pipa 900 milimeter (mm) di Jalan Raya Jati Petamburan IV, Kelurahan Karet Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang terjadi pada Kamis (21/9/2023). Sebagai upaya alternatif, manajemen PAM Jaya mengirim air bersih menggunakan mobil tangki ke wilayah terdampak.

Pipa yang bocor diketahui merupakan pipa utama dengan suplai air berintensitas tinggi, sehingga berdampak pada berkurangnya kuantitas air yang sampai ke pelanggan. Setidaknya ada 41 kelurahan yang terdampak mengalami kekurangan bahkan penghentian aliran air akibat insiden kebocoran pipa tersebut.

"PAM Jaya akan mengirimkan air bersih menggunakan truk tangki yang akan dibagikan secara gratis untuk wilayah terdampak selama perbaikan pekerjaan berlangsung, terutama untuk rumah sakit, tempat ibadah, panti sosial dan lain-lain," kata Senior Manager Corporate Communication and Office Director PAM Jaya, Gatra Vaganza dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (23/9/2023).

Gatra mengimbau kepada masyarakat yang terdampak untuk melakukan antisipasi dengan menampung air untuk persediaan selama pasokan terganggu. Dia memastikan, PAM Jaya terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan dan suku dinas terkait, termasuk BPBD untuk menangani masalah itu.

 

Adapun perincian 41 kelurahan yang terdampak pasokan air bersih, mencakup  Karet Semanggi, Karet, Setiabudi, Karet Tengsin, Bendungan Hilir, Karang Anyar, Kartini, Mangga Dua Selatan, Petamburan, Slipi, Kota Bambu, Jatipulo, Grogol, Petojo Utara, Duri Pulo, Petojo Selatan, Gambir, Cikini, Menteng, dan Kebon Sirih.

Kemudian, Kelurahan Jatipulo, Cideng, Petamburan, Kebon Melati, Kampung Bali, Penjaringan, Pekojan, Roa Malaka, Ancol, Pinangsia, Mangga Dua Selatan bagian utara, Angke, Jembatan Lima, Tambora, Glodok, Keagungan, Tanah Sereal, Duri Utara, Krukut, dan Duri Selatan, serta Grogol.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement