Selasa 19 Sep 2023 23:14 WIB

BP Jamsostek Cimone Bayarkan Klaim Sebesar Rp 297 M

BP Jamsostek Cimone menjelaskan perusahaan aktif melaporkan klaim.

ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan.
Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- BP JAMSOSTEK  Kantor Cabang Cimone, Kota Tangerang, Banten menyebutkan jumlah klaim yang telah dibayarkan sejak awal 2023 hingga September ini mencapai Rp 297 miliar.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cimone Tangerang yakni A. Fauzan di Tangerang, Selasa, mengatakan pengeluaran untuk klaim terbesar yakni untuk kategori penerima upah dengan total Rp 295 miliar.

Baca Juga

Rinciannya adalah untuk jaminan hari tua ada 18.305 kasus dengan klaim di bayarkan sebesar Rp250 miliar lebih. Lalu jaminan kecelakaan kerja ada 2.636 kasus dengan klaim sebesar Rp26.3 miliar.

Jaminan kematian ada 544 kasus dengan klaim Rp 9,2 miliar, jaminan pensiun dengan 472 kasus dengan klaim Rp 7,1 miliar, jaminan kehilangan pekerjaan dengan 556 kasus dengan klaim Rp 861 juta, beasiswa jaminan kecelakaan kerja ada 20 kasus dengan klaim Rp 64 juta, beasiswa jaminan kematian ada 356 kasus dengan klaim Rp 1,4 miliar.

Lalu untuk kategori bukan penerima upah total klaim yang dibayarkan sebesar Rp 1.4 miliar dan kategori konstruksi sebesar Rp 112 juta.

"Jumlah klaim terbanyak memang dibayarkan kepada penerima upah karena perusahaan aktif melaporkan ketika ada kebutuhan klaim mulai dari kecelakaan kerja hingga klaim jaminan hari tua" kata Fauzan dalam acara Forum Komunikasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Indonesia di Hotel Sol Marina Jatiuwung, Selasa (19/09/23).

Fauzan mengajak perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya dalam program perlindungan sosial agar segera karena resiko bisa terjadi kapan saja.

Sebab perlindungan sosial yang diberikan kepada pekerja memberikan kenyamanan dalam bekerja dan mencapai target yang diinginkan. "Kita harap sinerginya dalam mewujudkan kerja sama ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement