Senin 18 Sep 2023 05:57 WIB

Wapres Promokan Produk Indonesia Saat Resmikan Paviliun Komoditas di CAEXPO 2023

Wapres harap paviliun komoditas Indonesia mengenalkan berbagai produk unggulan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wapres KH Maruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan PM China Li Qiang.
Foto: Setwapres RI
Wapres KH Maruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan PM China Li Qiang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mempromosikan produk unggulan Indonesia saat membuka Paviliun Komoditas Indonesia di China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-20 yang digelar di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Nanning, Guangxi, China. Kiai Ma'ruf berharap dengan adanya Paviliun Komoditas Indonesia ini akan semakin mengenalkan berbagai produk unggulan Indonesia di kancah global. 

“Harapan saya Paviliun ini semakin mengenalkan produk Indonesia ke konsumen China dan membuka akses pasar melalui direct selling ataupun kerja sama business-to-business," ujar Kiai Ma'ruf dalam keterangannya, Ahad (17/9/2023). 

Wapres menambahkan, bersama dengan Paviliun City of Charms yang mengangkat potensi Kalimantan Tengah. Paviliun Komoditas Indonesia menjadi jendela tampilan keunggulan produk ekspor Indonesia. Ini karena Paviliun ini memiliki total 84 booth dengan peserta 49 perusahaan yang mempromosikan produk mulai dari consumer goods, makanan minuman, fesyen dan aksesoris, sampai dekorasi rumah dan furnitur.

Kiai Ma'ruf pun menggarisbawahi pentingnya kerja sama perdagangan antara Indonesia, China, dan ASEAN. Paviliun Komoditas Indonesia menggambarkan tekad Indonesia untuk terus memperluas jangkauan pasar dan mempromosikan produk unggulan di arena internasional. 

 

“(Paviliun ini)  merupakan satu bukti lagi bahwa CAEXPO sebagai kolaborasi promosi perdagangan terus membawa hasil konkret dan positif bagi pebisnis Indonesia, ASEAN, dan China,” ujarnya 

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi melaporkan, Paviliun Komoditas Indonesia dibangun di luas area 2.150 m2 dan diikuti oleh empat kategori produk Food & Beverage, Fashion Accessories and Jewelry, Furniture and Home Decor, Consumer Goods, Spa, serta Herbal and Beauty. 

“Paviliun ini dibangun atas kerja sama yang baik antara Pemerintah Indonesia tentunya dalam hal ini melalui Kementerian Perdagangan, BUMN Indonesia, dan tentu perusahaan swasta dari Indonesia, serta kerja sama yang baik dengan Pemerintah Guangzhou yang telah menyediakan stage secara gratis,” ungkapnya. 

Didi bertekad, penyelenggaraan event seperti ini akan terus dilanjutkan ke depan untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia.  

“Tidak hanya di kancah Tiongkok dan ASEAN tetapi juga di kancah global lainnya,” tandasnya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement