Senin 18 Sep 2023 02:29 WIB

Perkuat Kerja Sama, Kementerian Pendidikan Singapura Kunjungi Universitas Mercu Buana

Diharapkan kunjungan ini beri kontribusi positif terhadap pengembangan universitas.

Universitas Mercu Buana (UMB) menjadi tujuan kunjungan perwakilan Kementerian Pendidikan Singapura.
Foto: .
Universitas Mercu Buana (UMB) menjadi tujuan kunjungan perwakilan Kementerian Pendidikan Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Mercu Buana (UMB) menjadi tujuan kunjungan perwakilan Kementerian Pendidikan Singapura. Kunjungan ini bertujuan memperkuat kerja sama bidang pendidikan, khususnya menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin terintegrasi dengan teknologi.

Ketua Pengurus Yayasan Menara Bhakti, Nurani Pujiastuti Dipl FM, mengatakan UMB terbuka untuk berdiskusi terkait budaya di universitas dan bagaimana menjalankan program-program dalam hal strategi pembelajaran ataupun lainnya. “Saya berharap kolaborasi pendidikan ini akan terjalin bersama sebagai langkah yang sangat positif menuju peningkatan mutu pendidikan," kata dia.

Lebih lanjut Nurani Pujiastuti mengatakan kunjungan ini bukan sekadar pertukaran pengetahuan, tetapi juga merupakan langkah yang nyata dalam mendukung Visi dan Misi Universitas Mercu Buana. Diharapkan kunjungan ini akan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan universitas mencapai visi dan misi menciptakan tenaga profesional berkualitas yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global.

Dalam rombongan kunjungan tersebut ikut tiga belas guru dari Kementerian Pendidikan Singapura terdiri dari Kepala Departemen berbagai sekolah dasar dan menengah yang mengawasi pengembangan staf dan pengembangan siswa. Kementerian Pendidikan Singapura ingin melihat hasil dari perusahaan Singapura yang membantu perguruan tinggi melalui bisnis aplikasinya pada salah satunya universitas di Indonesia.

Perwakilan dari Kementerian Singapura, Dominique Loh, menyatakan sharing session bersama UMB, Kinobi dan MX Global dalam kolaborasi ini sangat penting untuk saling bertukar informasi mengenai peran perusahaan mendukung strategi pembelajaran di universitas. Termasuk, bagaimana universitas mempersiapkan mahasiswa untuk siap terjun ke lingkungan pekerjaan, tranformasi digital dalam dunia pendidikan, dan lain-lain. 

"Untuk itu kami sangat antusias untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan UMB dan melanjutkan pertukaran pengalaman serta peningkatan mutu pendidikan," kata Dominique Loh. 

UMB sebagai kampus dengan Akreditas Unggul dan didorong sebagai World Class University oleh Lembaga Layanan Perguruan Tinggi wilayah III (LL DIKTI-III) merupakan institusi pendidikan tinggi yang telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam trasnformasi digital pada sistem pengajaran dan pelayanan pendidikan kepada mahasiswa. Dalam upaya tersebut UMB berkolaborasi dengan dua perusahaan Singapura; Kinobi dan MX Global untuk mengembangkan sistem pengajaran digital tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement