Sabtu 16 Sep 2023 01:08 WIB

Tekan Kecelakaan, Kasatlantas Polres Brebes Beri Edukasi Tertib Lalu Lintas

Semua pihak harus turun tangan cegah kecelakaan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto bersama siswa SLB
Foto: dok web
Kasatlantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto bersama siswa SLB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka kecelakaan lalu lintas mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2022 dibandingkan 2 tahun sebelumnya. Angka kecelakaan tahun 2020 sebanyak 100.028 kasus, tahun 2021 sebanyak 103.645 kasus, dan tahun 2022 sebanyak 137.851 kasus.

Demi menekan angka kecelakaan dan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam berlalu-lintas, Polres Brebes memberikan edukasi lalu lintas kepada para siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Brebes, pada Kamis (14/9/2023). 

Baca Juga

Kasatlantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto langsung turun tangan mengajar tentang lalu-lintas di depan para siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri Brebes. Edukasi ini disambut antusias oleh para siswa SLB. Materi yang diajarkan antara lain pengetahuan rambu lalu-lintas dan pentingnya keselamatan di jalan raya, penggunaan trotoar dan lintasan penyebrangan yang aman.

“Kegiatan edukasi ini dilakukan sebagai bagian dari program Polda Jateng dan kepedulian Polres Brebes terhadap masyarakat agar angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan, juga termasuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran berlalu-lintas, khususnya kepada para siswa yang berkebutuhan khusus.” ucap AKP Edi Sukamto-Kasatlantas Polres Brebes.

Selain memberikan edukasi, AKP Edi Sukamto juga memberikan penghargaan kepada siswa-siswi SLB yang telah memiliki SIM dan helm, sebagai bagian dari kepatuhan dalam berlalu-lintas. 

Polres Brebes bersama forum lalu lintas Kabupaten Brebes, terus berkomitmen meningkatkan pemahaman dan kesadaran berlalu lintas kepada masyarakat secara umum, dan kepada anak dengan kebutuhan khusus.

Apresiasi terhadap Polres Brebes juga disampaikan oleh Kedeputian V Kantor Staf Presiden, bidang HAM penyandang disabilitas, Sunarman Sukamto. “kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bapak Edi Sukamto selaku Kepala Satuan Lalulintas Polres Brebes, yang telah memberikan atensi khusus kepada para siwa-siswi SLB Negeri Slawi, untuk memberikan pendidikan berlalu lintas yang baik. Kegiatan ini sangat penting agar kelak para siswa-siswi difabel tersebut juga menjadi warga negara yang memahami dan mematuhi peraturan berlalu lintas sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan sesama pengguna jalan” ucapnya. 

Sunarman Sukamto juga berharap agar kegiatan Kasatlantas Polres Brebes bisa menginspirasi Satlantas Polres lain di Jawa Tengah dan Indonesia, agar setiap anak bisa memahami dan sadar terhadap pentingnya berlalu lintas sejak usia dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement