Jumat 15 Sep 2023 17:19 WIB

Erick Thohir Dinilai Jadi Cawapres yang Punya Visi Kemajuan Seperti Jokowi

Kata Ade, gestur Presiden Jkowi dipandang sangat nyaman dengan sosok Erick Thohir.

Menteri BUM Erick Thohir bersama Presiden Jokowi di sela uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (14/9/2023).
Foto: @erickthohir
Menteri BUM Erick Thohir bersama Presiden Jokowi di sela uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak menjadi sosok kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri BUMN Erick Thohir terus mendapat dorongan kuat untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Erick dinilai cawapres yang memiliki visi serupa dengam Jokowi.  

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi mengatakan, kinerja gemilang yang ditunjukkan Erick bisa memantik hadirnya dukungan besar agar maju sebagai cawapres. Apalagi, Erick menjadi kepercayaan Jokowi untuk meneruskan estafet kepemimpinan Indonesia ke depan.  

Baca Juga

"(Erick Thohir) bisa diharapkan untuk melanjutkan visi pembangunan pemerintah saat ini," ujar Ade di Jakarta, Jumat (15/09/2023).

Ade menyebut, kepemimpinan teruji yang berhasil dengan konsisten dihadirkan Erick, semakin menguatkan keyakinan Jokowi. Ade berpandangan, kepercayaan Jokowi terhadap Erick justru semakin tinggi ketika melihat kinerja Kementerian BUMN meningkat.

Menurut dia, berkat pengalaman kepemimpinan teruji, Erick dapat menjaga stabilitas serta keamanan masyarakat. Apalagi, jika nantinya maju dan terpilih menjadi cawapres untuk Pilpres 2024. "Sekaligus memastikan stabilitas dan keamanan politik pascapemerintahan," kata Ade.

Dia menyampaikan, gestur Jokowi dipandang sangat nyaman dengan sosok Erick. Sehingga bukan hanya dari segi kompetensi kepemimpinan mumpuni, sambung dia, Erick juga mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan Jokowi.

Situasi demikian, menurut Ade, tentu semakin memberi dampak positif elektoral besar. Hal itu turut menjadi bahan pertimbangan partai politik (parpol) dalam mengusung kuat Erick sebagai cawapres.

"Pak Jokowi cukup merasa comfortable atau nyaman dengan Pak Erick Thohir dan berharap bisa menjadi pertimbangan partai-partai politik" ujar Ade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement