Rabu 13 Sep 2023 19:49 WIB

Indosat Lakukan Penetrasi Jaringan Internet ke Wilayah Timur 

Kebutuhan internet di timur Indonesia sangat tinggi

Internet.  MoU Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Busines dengan PT Prima Nala Indonesia.
Foto: Dok Istimewa
Internet. MoU Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Busines dengan PT Prima Nala Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Indosat akan semakin  melakukan penetrasi jaringan internet ke wilayah Timur khususnya wilayah Sulampua (Sulawesi, Maluku, dan Papua). Hal ini dengan memanfaatkan anggota-anggota APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang ada di sana.

Pernyataan tersebut disampaikan Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah di sela-sela MoU Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Busines dengan PT Prima Nala Indonesia. MoU dilakukan untuk kerja sama terkait pengadaan link jaringan inter koneksi Jakarta–Makassar. 

Baca Juga

Dengan adanya kerja sama ini, menjadi landasan Indosat Business untuk menyediakan link jaringan inter koneksi Jakarta–Makassar sebesar 50 Gbps dan PT Prima Nala Indonesia akan memanfaatkan jaringan itu untuk mengaktivasi kabel optik milik mereka di wilayah inner Sulawesi agar bisa digunakan ISP-ISP yang ada di wilayah tersebut.      

“Sekarang kita berkolaborasi dengan PT Prima Nala Indonesia untuk menyediakan jaringan dari Jakarta ke Makassar, kemudian di masa mendatang diharapkan nanti anggota-anggota APJII dari Sulampua bisa memakai layanan kami untuk daerah mereka,” kata Muhammad Buldansyah, dalam keterangannya, Rabu  (13/9/2023).   

 

Direktur PT Prima Nala Indonesia, Budhi Setiawan menegaskan bahwa dengan adanya kerja sama ini memungkinkan pihaknya memenuhi kebutuhan internet yang semakin meningkat di wilayah Sulawesi. 

Baca juga: 5 Fakta Ini Jelaskan Mengapa Bangsa Romawi Diabadikan dalam Alquran

“Ada kebutuhan internet yang semakin meningkat untuk ISP-ISP di wilayah Sulawesi bersamaan dengan aktivasi jaringan fiber optik di inner Sulawesi,” ujar dia.  

Pada kesempatan yang sama, salah seorang anggota APJII wilayah Sulampua yang turut hadir dalam penandatangan MoU itu menyatakan kepuasannya. 

Menurutnya dengan adanya MoU ini bisa menggairahkan para pelaku usaha di bidang jasa penyediaan internet di wilayah Sulampua.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement