Rabu 13 Sep 2023 17:09 WIB

Singgung Ganjar, Katon Bagaskara Bersyukur Industri Seni di Jateng Menggeliat

Katon melihat hal-hal baik untuk seniman harus dipertahankan.

Gabungan Seniman Indonesia (GSI).
Foto: Dok. Web
Gabungan Seniman Indonesia (GSI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Gabungan Seniman Indonesia (GSI) sekaligus personel band KLA Project, Katon Bagaskara menanggap selama dua periode kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki dampak positif terhadap kemajuan pertumbuhan industri seni.

Hal tesebut diungkapkan Katon seusai menghadiri acara pertemuan Gabungan Seniman Indonesia (GSI) dan Tim Koordinasi Relawan Ganjar Pranowo for President 2024 di Rumag Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo. 

Baca Juga

"Saya amati Pak Ganjar Pranowo memang sangat melindungi seniman tradisional, seniman theater khususnya di Jawa Tengah karena saat itu beliau masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Beliau juga aktif menyelenggarakan acara masik dan ikut bergabung, nyanyi ke atas panggung tanpa kelihatan sekali ada hirarki dan selalu memberi semangat ke rakyat sehingga acara tersebut menjadi semarak," ungkap Katon seperti dilansir pada Rabu (13/9/2023). 

Berbagai kegiatan seni telah berhasil dilaksanakan dan didukung pemerintah Jawa Tengah saat itu. Hal tersebut tak terlepas dari dukungan Ganjar Pranowo yang menyetujui acara tersebut di wilayahnya.

Menurut Katon, Ganjar telah berhasil melindungi pegiat seniman di Jawa Tengah. "Saat itu, kita bertemu di acara Dieng Culture Festival, dengan cuaca dingin minus dua, kita bernyanyi bersama dan dia hafal sekali lagu saya, ini memberikan pengalan yang luar biasa apalagi disaksikan oleh puluhan ribu masyarakat," lanjut Katon.

Ganjar dinilai sebagai sosok yang paling tepat dalam mewakili aspirasi dari para seniman tanah air. Itu lah yang menyebabkan mengapa GSI pada akhirnya menjatuhkan pilihan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Sebab, di tangan Ganjar, industri seni dan budaya masa depan memiliki peluang cerah dan semakin maju.

"Seni merupakan bagian dari budaya yang ditentukan dari kehidupan dalam bebangsa. Kenapa akhirnya GSI memberikan dukungan untuk Pak Ganjar, karena kami berharap bahwa Presiden ini lah yang paling tepat dan bisa mewakili aspirasi seniman Indonesia," lanjut Katon.

Selanjutnya Katon memberikan usulan dan pesan apabila Ganjar nantinya terpilih sebagai Presiden 2024.  "Ini yang nantinya mau kita tolong kalau Pak Ganjar sebagai Presiden, bahwa ada program bagus yang bisa diteruskan ketika pemerintahan saat ini sudah menaruh pondasi dalan kebijakan hak cipta, tapi kemudian pelaksanaan, tatanan industri dan infrastrukturnya budaya dan seni yang mesti dilanjutkan," kata Katon.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement