Selasa 12 Sep 2023 19:11 WIB

Tarif Transjakarta Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Masih Gratis

Tarif Transjakarta Bandara Soekarno-Hatta direkomendasikan Rp 5.000.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Penumpang menaiki bus Transjakarta rute Kalideres - Soekarno Hatta di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (7/7/2023). Bus Transjakarta rute Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno Hatta mulai diberlakukan uji coba untuk penumpang umum selama dua pekan mulai hari Rabu 5 Juli hingga 19 Juli mendatang dengan tarif Rp 0 atau gratis. Sebanyak 10 bus disiapkan untuk melayani masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta dengan jam keberangkatan dari pukul 06.00 - 09.00 WIB dan pukul 18.00 - 21.00 WIB. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan PJ Gubernur bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta, waktu tempuh dari Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno Hatta diperkirakan sekitar 45 menit. Keberadaan rute tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi warga yang hendak melakukan perjalanan menuju Bandara Soekarno  Hatta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang menaiki bus Transjakarta rute Kalideres - Soekarno Hatta di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (7/7/2023). Bus Transjakarta rute Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno Hatta mulai diberlakukan uji coba untuk penumpang umum selama dua pekan mulai hari Rabu 5 Juli hingga 19 Juli mendatang dengan tarif Rp 0 atau gratis. Sebanyak 10 bus disiapkan untuk melayani masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta dengan jam keberangkatan dari pukul 06.00 - 09.00 WIB dan pukul 18.00 - 21.00 WIB. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan PJ Gubernur bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta, waktu tempuh dari Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno Hatta diperkirakan sekitar 45 menit. Keberadaan rute tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi warga yang hendak melakukan perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan sampai saat ini tarif bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta masih dalam proses dikaji. Sehingga masyarakat masih bisa menggunakan kendaraan tersebut dengan gratis.

 

Baca Juga

"Sedang kita proses, berproses di internal Pemprov DKI," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

 

Kemudian, masyarakat yang menggunakan bus tersebut dikenakan Rp 0 alias gratis. Hal ini masih terus berlanjut sampai menemukan tarif yang sesuai.

 

"Uji coba tetap. Iya masih (gratis) karena kita menunggu penetapan tarif," kata dia.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku setuju dengan tarif bus Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta ditetapkan sebesar Rp 5.000. Hal itu sesuai dengan rekomendasi Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

 

"Ya Pak Kadis (Perhubungan DKI Syafrin Liputo) sudah lapor. Iya setuju," kata kepala sekretariat presiden (Kasetpres) tersebut di kawasan Jakarta Pusat pada Jumat (11/8/2023).

 

Heru menerangkan sudah mengajukan surat permohonan ke DPRD DKI Jakarta terkait penetapan tarif bus Transjakarta rute tersebut. Hal itu lantaran tarif bus Transjakarta di rute lain sebesar Rp 3.500 per penumpang.

 

"Iya minta izin kan, sesuai aturan kita bersurat minta izin apakah disetujui atau tidak," kata Heru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement