Ahad 10 Sep 2023 15:13 WIB

PDIP Gelar Rakernas pada 29 September, Angkat Tema Kedaulatan Rakyat

PDIP akan menggelar Rakernas pada 29 September 2023 dengan tema kedaulatan rakyat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Kader PDIP (ilustrasi). PDIP akan menggelar Rakernas pada 29 September 2023 dengan tema kedaulatan rakyat.
Kader PDIP (ilustrasi). PDIP akan menggelar Rakernas pada 29 September 2023 dengan tema kedaulatan rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) rencananya akan rapat kerja nasional (Rakernas) IV pada 29 September 2023. Forum tersebut akan mengangkat tema tentang kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat.

"Ini sangat penting karena pangan menyangkut hak hidup rakyat. Maka rakernas pada hari pertama ini akan membahas tentang pangan, tentang pemberdayaan petani," ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di Kantor DPD PDIP Banten, Serang, Banten, Ahad (10/9/2023).

Baca Juga

"Dalam rangka peringatan Hari Tani dengan Undang-Undang Pokok Agraria,nmaka partai mengadakan rakernas dengan tema membangun kedaulatan untuk kesejahteraan rakyat," sambungnya.

Rakernas IV PDIP juga menjadi forum konsolidasi bagi calon anggota legislatif (caleg) untuk memetakan wilayahnya. Termasuk forum konsolidasi pemenangan untuk Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Baru pada hari ketiga rekomendasi bahwa rakernas akan dilakukan bertempat di Kemayoran," ujar Hasto.

"Ini sudah dipersiapkan cukup lama karena partai ini kan merencanakan agenda agenda besar selama lima tahun," sambungnya.

Rakernas IV PDIP, jelas Hasto, tak akan menjadi forum finalisasi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar. Sebab, hal tersebut merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Kalau penggodokan nama cawapres kan dilaksanakan hampir ya dipertimbangkan setiap hari. Bu Megawati Soekarnoputri beliau melihat seluruh konstelasi politik melihat secara mendalam," ujar Hasto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement