Rabu 06 Sep 2023 17:32 WIB

Puluhan Kendaraan Parkir Liar di Sekitar TMII Diderek

TMII menjadi lokasi pertemuan Ibu Negara delegasi KTT ke-43 ASEAN.

Sudinhub Jakarta Timur memindahkan mobil yang terparkir di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII) karena akan digunakan delegasi KTT ke-43 ASEAN pada Rabu (6/9/2023).
Foto: ANTARA/HO-Sudinhub Jakarta Timur
Sudinhub Jakarta Timur memindahkan mobil yang terparkir di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII) karena akan digunakan delegasi KTT ke-43 ASEAN pada Rabu (6/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Timur menindak kendaraan roda empat yang parkir liar di sekitar Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang menjadi lokasi pertemuan Ibu Negara delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, Rabu (6/9/2023).

Kepala Seksi Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Riky Erwinda mengatakan dalam Giat Operasi Lintas Jaya bersama TNI dan Polri serta Satpol PP pada Jumat (1/9/2023) hingga Selasa (5/9/2023) telah menderek 30 unit kendaraan roda empat yang memarkir di tempat yang tidak semestinya.

Baca Juga

"Selain itu, kami juga mengangkut belasan kendaraan roda yang terpakir secara liar," ujar Riky, Rabu.

Selama KTT ke-43 ASEAN, Sudinhub Jakarta Timur mengerahkan tambahan personel untuk bertugas di sekitar TMII. Biasanya personel yang bertugas berjumlah 16 orang dengan jumlah unit mobil derek sebanyak sembilan.

Pada hari ini, jumlah personel bertambah dua kali lipat, pun demikian dengan mobil derek yang diterjunkan bertambah menjadi 15 unit. Mereka tersebar di sejumlah titik mulai dari TL Garuda, Halte Bus Tamini Square, SPBU Pertamina TMII, Pintu 1 dan 3 TMII, Masjid Agung At-Tin TMII, dan Halte Pinang Ranti.

Selain itu, Sudinhub Jakarta Timur juga menyiagakan mobil derek di dalam area TMII. Pagi sebelum pertemuan Ibu Negara delegasi KTT ke-43 ASEAN dimulai, kendaraan roda empat yang terparkir di area tersebut dipindahkan untuk memastikan kelancaran Spouse Program KTT ASEAN.

"Kami hari ini bertugas memastikan kondisi di lapangan tetap baik. Sebelumnya kami juga melakukan sosialisasi dan edukasi. Namun, karena untuk kegiatan kenegaraan mutlak kami harus melakukan penindakan, bukan sosialisasi lagi," ujar Riky.

Pada hari ini, ibu negara delegasi KTT ke-43 ASEAN menyambangi Taman Mini Indonesia Indah. Pada pagi hari, mereka mendapat jamuan di panggung Budaya yang letaknya di samping Danau Archipelago.

Dengan konsep luar ruangan, mereka bisa melihat secara langsung keindahan dari miniatur pulau Indonesia yang terletak di tengah danau. Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan lainnya dan disuguhkan dengan penampilan tari dan pakaian adat khas nusantara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement