Rabu 06 Sep 2023 05:28 WIB

Opini Mahfud Soal KPK Panggil Muhaimin Setelah Dideklarasikan Cawapres

Muhaimin telah meminta penundaan jadwal pemeriksaannya di KPK.

Rep: Flori Sidebang, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.
Foto:

Ketua Pemenangan Pemilu Partai Nasdem, Effendy Choirie atau Gus Choi mengingatkan KPK tetap independen dalam pemberantasan korupsi. Ia menyoroti pernyataan KPK soal kasus di Kemenaker disampaikan usai Muhaimin dideklarasikan sebagai bakal cawapres.

"Kami ini ikut proses itu semua, dia (KPK) harus menjadi pemegang hukum dalam konteks pemberantasan korupsi dilakukan secara independen, secara profesional. Tidak atas dasar pesanan elite politik tertentu, kelompok tertentu, atau siapalah tertentu lainnya," ujar Gus Choi di Nasdem Tower, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Selama 11 tahun tidak ada kelanjutan proses hukum, tiba tiba begitu Cak Imin dideklarasikan sebagai cawapres, tiba tiba muncul dari KPK. Terus kita yang waras yang sehat wal afiat masa mengikuti begitu saja pikirannya dari KPK, tentu ada pikiran yang berbeda," ujar Gus Choi, menambahkan.

 

Ia pun menaruh curiga, pemanggilan Muhaimin oleh KPK tak murni persoalan hukum. Kendati demikian, ia mengimbau Muhaimin sebagai salah satu elite politik taat terhadap proses hukum yang sedang berjalan.

"Kita menyarankan Cak Imin sebagai salah satu warga negara Indonesia, elite politik, dipanggil ikuti saja, proaktif.  Tapi kami ya memang sepakat bulat, pasangan Anies-Muhaimin apapun yang terjadi, kami semua pendukung akan membela sampai kapan pun," ujar Gus Choi.

photo
Karikatur Opini Republika : Pungli Rutan KPK - (Republika/Daan Yahya)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement