Selasa 05 Sep 2023 10:15 WIB

Kurangi Dampak Polusi Udara, Puluhan Pohon Ditanam di Sepanjang Bawah Tol Becakayu

Penanaman pohon untuk mengurangi dampak polusi udara Jakarta.

Penanaman 70 pohon di sepanjang bawah Tol Becakayu oleh BPJS Ketenagakerjaan
Foto: Dok Republika
Penanaman 70 pohon di sepanjang bawah Tol Becakayu oleh BPJS Ketenagakerjaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar bersama karyawan BPJS Ketenagakerjaan se-Jakarta Timur menanam pohon di sepanjang bawah Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Jalan Malahayati, Pondok Kelapa Jakarta Timur. Penanaman pohon tersebut sebagai upaya mengurangi polusi udara Jakarta. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Deny Yusyulian bersama seluruh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan se-Jakarta Timur.  Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pulo Gebang Dewi Mulya Sari  mengatakan kegiatan tanam pohon tersebut adalah employee volunteering atau swadana dari karyawan untuk kegiatan sosial.  

Baca Juga

Kegiatan employee volunteering ini disinergikan dengan agenda Pemkot Jakarta Timur. Rupanya kebutuhan saat ini adalah upaya untuk mengurangi kadar polusi udara Jakarta. ”Di Hari Jumat yang berkah ini, Alhamdulillah kami melaksanakan penanaman pohon sebagai aksi untuk Go Green, kita melakukan aksi nyata untuk menurunkan polusi udara di DKI Jakarta,” kata Dewi akhir pekan lalu.

Dari donasi karyawan, pihaknya turut berkontribusi dalam upaya pengurangan polusi udara di Jakarta. ”Kami melakukan employee volunteering dengan berkolaborasi Bersama Kanwil BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Rawamangun, Ceger, Pulogebang, dan Duren Sawit,” kata Dewi.  

Selain itu, Dewi juga berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan banyak bantuan untuk mengurangi polusi udara di DKI Jakarta, terlebih lagi lokasi penanaman pohon dilakukan dekat dengan wilayah Bekasi sehingga diharapkan warga yang datang dapat melihat keindahan DKI Jakarta.

Sementara itu Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar mengatakan, penanaman pohon tersebut dalam upaya mengurangi polusi udara Jakarta. ”Jakarta polusinya luar biasa. Apa yang bisa kita kontribusikan maka kita lakukan. Pertama penanaman pohon, kedua uji emisi kendaraan, ketiga mengimbau pengelola gedung mengoperasikan water mist atau alat penyemprot uap air di atap gedung,” kata Anwar.  

Menurut Anwar, total jumlah pohon yang ditanam adalah 70 Pohon yaitu tabebuya dan ketapang kencana. ”Pohon ini paling efektif untuk menyerap polusi udara sehingga membantu memperbaiki kualitas udara,” tutup Anwar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement