Senin 04 Sep 2023 22:46 WIB

Sejumlah Kiai dan Santri NU di Cianjur Berikan Dukungan untuk PAN

PAN dinilai partai terbuka untuk aspirasi warga NU di Cianjur

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Masyarakat coblos Partai Amanat Nasional (PAN) (ilustrasi). PAN dinilai partai terbuka untuk aspirasi warga NU di Cianjur
Foto: Republika.co.id
Masyarakat coblos Partai Amanat Nasional (PAN) (ilustrasi). PAN dinilai partai terbuka untuk aspirasi warga NU di Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Dukungan penuh diberikan sejumlah kiai dan santri di Cianjur, Jawa Barat kepada Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Pemilu 2024 mendatang. Para kiai dan santri menilai PAN menjadi partai politik (parpol) yang sangat mengutamakan kepentingan umat. 

"Alhamdulillah kita dapat berkumpul di sini untuk memberikan deklarasi dukungan kepada PAN pada Pemilu 2024. Dukungan ini dikarenakan PAN memiliki kepedulian tinggi terhadap umat Islam," kata Koordinator Kiai dan Santri Cianjur, Kiai Cepi Safiyulloh. 

Baca Juga

Dia menambahkan PAN dinilai banyak masyarakat sebagai parpol yang mampu mengakomodir aspirasi masyarakat terutama para kiai dan satri di Cianjur. Maka tak mengherankan, PAN menuai dukungan dari para kiai dan santri. 

"Kita semua, telah melihat kerja konkret para wakil rakyat dari PAN di Parlemen dalam mengemban amanah rakyat dan diperjuangkan demi kemajuan bangsa di masa depan," ujar Kiai Cepi. 

Adapun aspirasi dari kiai dan santri Cianjur yang diberikan oleh PAN seperti senantiasa memperhatikan kesejahteraan, keadilan untuk kiai yang memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara. Selain itu, PAN diminta untuk memperjuangkan pemberdayaan kepada santri dan memberikan pelatihan agar meningkatkan kompetensi yang dimiliki. 

"Seperti kita ketahui, kiai dan santri memiliki andil besar dalam setiap setiap potongan sejarah bangsa bahkan menjadi salah satu motor penggerak kemerdekaan Indonesia," ungkap Kiai Cepi. 

Baca juga: 8 Dalil Berikut Ini Semoga Membuat Kita Segera Terinspirasi Baca Alquran

 

Diketahui, PAN mempunyai sejumlah kegiatan keagamaan didukung untuk bisa mensyiarkan agama Islam. Hal itu dikarenakan PAN ada untuk umat, berjuang untuk kiai dan santri agar bisa terus saling bersinergi. 

"Melihat itu semua sudah seharusnya kita masyarakat Cianjur khususnya kiai dan santri memberikan dukungan sepenuhnya dan bertekad memenangkan PAN pada Pemilu 2024 mendatang," pungkas Kiai Cepi.  

Baca juga: 14 Keistimewaan Alquran yang Tak Terbantahkan Sepanjang Masa 

Sebelumnya, Survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode Agustus 2023, menunjukkan peningkatan elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN), yang lebih dari 100 persen dibanding sebelumnya, yaitu menjadi  4,2 persen.

"Dukungan publik terhadap PAN pada Agustus 2023 naik menjadi 4,2 persen atau ada lonjakan signifikan jika dibandingkan dengan hasil survei pada Agustus 2022," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

Dengan demikian, PAN diproyeksikan akan kembali lolos ke DPR pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Diketahui, ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) ditetapkan sebesar 4 persen.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement