Ahad 03 Sep 2023 07:56 WIB

PKB Sumbar Targetkan Suara Anies-Cak Imin 80 Persen

PKB berharap mendapat efek ekor jas dari duet Anies-Cak Imin

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
Momentum deklarasi pasangan Anies Baswedan-Cak Imin sebagai capres dan cawapres, Sabtu (2/9/2023).
Foto: Republika/Alfian Choir Republika
Momentum deklarasi pasangan Anies Baswedan-Cak Imin sebagai capres dan cawapres, Sabtu (2/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Ketua Harian DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatra Barat, Firdaus, menargetkan perolehan suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar di Sumbar pada Pemilu 2024 nanti sebanyak 80 persen. PKB Sumbar menurut Firdaus akan mengerahkan segala tenaga untuk mencapai target 80 persen tersebut.

"PKB Sumbar optimistis, pasangan calon presiden dan wakil presiden, Anies-Muhaimin, akan menang dengan perolehan suara 80 persen pemilih di Sumbar," kata Firdaus, Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga

Firdaus menyebut figur Anies dan Cak Imin selama ini disukai banyak warga Sumatra Barat. Karena pasangan ini dipandang sebagai duet figur Islam modernis dan figur Islam tradisional.

Ketokohan keduanya lanjut Firdaus juga sudah teruji karena pernah mengemban banyak jabatan penting di tingkat nasional. Anies merupakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Kerja.

Setelah itu, Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Beberapa kali lawatan ke Sumbar, Firdaus melihat masyarakat selalu menyambut Anies dengan antusias.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar menurut Firdaus pernah dipercaya menjadi Wakil Ketua DPR selama tiga periode yakni periode 1999-2004, periode 2004-2009 dan periode 2019-2024. Cak Imin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR sejak 2018-2019.

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2009-2014, Cak Imin menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. "Semua infrastruktur partai dan simpatisan PKB berjuang sampai titik darah penghabisan memenangkan Anies-Muhaimin atau Amin," ujar Firdaus.

Firdaus juga menyebutkan target perolehan kursi PKB di DPRD Provinsi Sumbar untuk Pemilu 2024 nanti adalah sebanyak delapan kursi. Ia berharap PKB mendapatkan efek ekor jas dari pasangan Anies-Cak Imin.

Sebelumnya, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas, Asrinaldi, mengatakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan meraih efek ekor jas atau coat-tail effect bila berhasil menjadikan Ketua Umum Abdul Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan.

Pasangan ini menurut Asrinaldi akan mendapatkan perhatian dari pemilih Islam yang diketahui merupakan pemilih terbesar di Indonesia. "Jelas PKB akan mendapatkan efek ekor jas. Pemilih Islam ini kan cukup banyak di Indonesia yang juga akan berdampak positif bagi kader-kader pendukung Anies-Muhaimin," kata Asrinaldi, Jumat (1/9/2023).

Asrinaldi melihat sosok Anies selama ini juga disenangi oleh kaum nahdliyin. Sehingga partai-partai pengusung duet Anies-Cak Imin, menurut dia, akan kecipratan daya tarik pemilih terhadap pasangan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement