Jumat 01 Sep 2023 21:34 WIB

Transjakarta Operasikan Tiga Rute Anyar Mikrotrans 

Ketiga layanan ini beroperasi pada pukul 05.00 WIB- 22.00 WIB, gratis.

Rep: Eva Rianti/ Red: Fuji Pratiwi
Sebuah armada mikrotrans AC terparikir usai acara peluncurannya di Kawasan Gondangdia, Jakarta, Jumat (28/1/2022) (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Sebuah armada mikrotrans AC terparikir usai acara peluncurannya di Kawasan Gondangdia, Jakarta, Jumat (28/1/2022) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan tiga rute layanan baru Mikrotrans pada September 2023. Ketiga rute baru itu yakni rute Terminal Tanjung Priok-Terminal Rawamangun (JAK87), Terminal Kampung Rambutan-Munjul (JAK98), dan rute Industri Raya-ASMI (JAK76). 

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Wibowo, Jumat (1/9/2023), mengatakan, beroperasinya ketiga rute itu yakni pada awal September, tapi waktu mulai beroperasinya berbeda-beda. Layanan mikrotrans rute Terminal Tanjung Priok-Terminal Rawamangun (JAK87) beroperasi mulai Jumat, 1 September 2023.

Baca Juga

Layanan mikrotrans rute Terminal Kampung Rambutan-Munjul (JAK98) pada Senin, 4 September 2023. Kemudian rute Industri Raya-ASMI (JAK76) pada Kamis, 7 September 2023.

Wibowo menjelaskan, adanya sejumlah fasilitas dalam layanan rute anyar tersebut. Untuk rute layanan Terminal Tanjung Priok-Terminal Rawamangun dan rute Industri Raya-ASMI, mikrotrans dilengkapi dengan fasilitas pendingin atau AC. Sementara itu, untuk rute Terminal Kampung Rambutan-Munjul mikrotransnya non-AC. 

Lebih lanjut, Layanan rute Terminal Tanjung Priok-Terminal Rawamangun ada sebanyak 33 unit armada dengan 111 titik pemberhentian. Untuk rute Terminal Kampung Rambutan-Munjul tersedia 35 unit dengan 68 titik pemberhentian. Adapun rute Industri Raya-ASMI ada sebanyak 36 mikrotrans dengan 68 titik pemberhentian.

"Ketiga layanan ini beroperasi pada pukul 05.00 WIB - 22.00 WIB dengan tarif Rp nol atau gratis dengan menggunakan kartu uang elektronik," kata dia.

Wibowo menambahkan, layanan mikrotrans terintegrasi dengan koridor Transjakarta. Rute Terminal Tanjung Priok-Terminal Rawamangun terkoneksi dengan Halte Walikota Jakarta, Plumpang Pertamina, dan halte ASMI, yang terhubung dengan Koridor 2 (Pulogadung-Monas), koridor 12 (Tanjung Priok-Pluit), dan 2B (Harapan Indah-ASMI).

"Lalu, pelanggan mikrotrans rute Industri Raya-ASMI terkoneksi dengan halte Kemayoran Landas Pacu Timur, ASMI, dan titik pemberhentian Kampung Irlan yajg terintegrasi dengan koridor 2,12,2B (Harapan Indah-ASMI), dan 10K (Tanjung Priok-Senen via Taman BMW)," kata dia menjelaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement