Kamis 31 Aug 2023 11:11 WIB

BSI Digination 2023 Beri Kesempatan Siswa Kenal Cara Buat Podcast

Narasumber di BSI Digination ajak peserta mencoba praktik langsung membuat podcast

Syaifur Rahmatullah selaku narasumber CEO KIAN Organizer  menyampaikan tema How to be a podcaster and news ancor. Ia menjelaskan bahwa dalam pembuatan podcast terdapat beberapa tahapan mulai dari pra hingga post produksi.
Foto: dok Universitas BSI
Syaifur Rahmatullah selaku narasumber CEO KIAN Organizer menyampaikan tema How to be a podcaster and news ancor. Ia menjelaskan bahwa dalam pembuatan podcast terdapat beberapa tahapan mulai dari pra hingga post produksi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pemuda telah sukses menyelenggarakan acara BSI Digination 2023 dengan tema ‘Opportunities In Creative Industry’. Acara ini menampilkan rangkaian kegiatan workshop industri kreatif dan praktik podcast yang berlangsung pada 28-29 Agustus di Universitas BSI kampus Pemuda, Jl. Kayu Jati V No.2, Rawamangun, Jakarta Timur.

BSI Digination 2023 merupakan kegiatan yang dirancang khusus untuk menghubungkan siswa/i SMA Sederajat dengan dunia industri kreatif. Di hari pertama pelaksanaan BSI Digination 2023 dihadiri langsung oleh siswa/i SMKN 7 Jakarta dan SMK Diponegoro 1, yang mendapatkan materi seputar industri kreatif dari narasumber yang andal di bidangnya. 

Syaifur Rahmatullah selaku narasumber CEO KIAN Organizer  menyampaikan tema “How to be a podcaster and news ancor”. Ia menjelaskan bahwa dalam pembuatan podcast terdapat beberapa tahapan mulai dari pra hingga post produksi.

“Beberapa tahapan pembuatan video podcast ataupun siaran berita. Terdapat tiga tahap, yakni Pra Produksi, Produksi, dan Post Produksi. Terdapat beberapa peran dalam pembuatan sebuah acara podcast dan siaran berita,” kata Syaifur dalam wawancara, Senin (28/8/23). 

Setelah pemaparan materinya, ia mengajak peserta untuk mencoba praktik langsung dalam pembuatan sebuah acara podcast dan siaran berita. Ia mengajak tujuh siswa yang masing-masingnya akan berperan sebagai, host serta narasumber podcast, news ancor, dan reporter, floor director (FD), Cameraman, dan Multimedia.

“Hasil video praktik dalam pembuatan acara podcast dan siaran berita tersebut bisa dijadikan menjadi portofolio bagi peserta yang ikut praktik. Portofolio tersebut bisa digunakan untuk peserta nantinya dalam melamar pekerjaan dan terjun di dunia industri digital kreatif,” tutup Syaifur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement