Selasa 29 Aug 2023 20:12 WIB

DLH DKI: Water Mist Lebih Efektif Kurangi Polusi Udara 

DLH DKI Jakarta sebut water mist akan lebih efektif untuk mengurangi polusi udara.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Tenaga kesehatan memeriksa warga penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di Puskesmas Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. DLH DKI sebut water mist akan lebih efektif untuk mengurangi polusi.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tenaga kesehatan memeriksa warga penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di Puskesmas Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. DLH DKI sebut water mist akan lebih efektif untuk mengurangi polusi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengatakan sudah melakukan uji coba water mist bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

"Jadi BRIN diminta oleh Kemenko Marves untuk membuat alat namanya water mist generator. Itu diujicobakan kemarin di gedung Pertamina," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Asep Purwanto di kawasan Jakarta Pusat pada Selasa (29/8/2023).

Baca Juga

Kemudian, ia menjelaskan melakukan penyemprotan dari atas gedung Pertamina dan di bawahnya langsung diukur dengan alat PM 2,5. Hal tersebut ternyata bisa menurunkan kadar PM 2,5 yang ada di sekitaran gedung tersebut.

"KLHK mengukur sebelum dilakukan uji water mist dan setelah dilakukan uji water mist. Itu informasi dari KLHK terjadi penurunan PM 2,5," kata Asep.

Asep menambahkan water mist ini lebih efektif dibandingkan penyemprotan yang dilakukan di jalanan. Nantinya, ia akan berkoordinasi dengan Kemenko Marves untuk mengusulkan water mist tersebut.

"Kita akan terus melakukan pembahasan dan diharapkan memang sudah ada langkah-langkah konkret yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah terhadap water mist ini," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Untuk mengurangi polusi udara di DKI Jakarta, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta beberapa gedung, terutama Kementerian, dan BUMN untuk melakukan penyemprotan water mist.

"Terus saya minta ada beberapa gedung, terutama Pemda, Kementerian dan BUMN untuk melakukan water mist. Jadi, sudah bersepakatan semuanya gedung tinggi di DKI Jakarta akan melakukan itu," kata Heru di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat pada Senin (28/8/2023).

Kemudian, ia melanjutkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Asep Purwanto akan menyiapkan konsep penyemprotan water mist tersebut. Sehingga arahan dan konsep pelaksanaan water mist sudah siap ketika pemilik industri gedung tinggi di DKI dikumpulkan.

"Tinggal nanti pak Asep di sini sampaikan konsepnya itu panduannya harus ada. Jamnya harus lakukan seperti apa. Sehingga nanti ketika kita kumpulkan pemilik gedung tinggi itu sudah ada," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement