Jumat 25 Aug 2023 21:36 WIB

Kelompok Relawan Tuan Guru Ganjar Latih Warga Tapanuli Selatan Cara Tilawah Alquran

Kegiatan ini menyasar ibu-ibu di Desa Sibongbong.

Pelatihan Tilawah Al Quran untuk ibu-ibu di Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.
Foto: Dok. Web
Pelatihan Tilawah Al Quran untuk ibu-ibu di Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, TAPANULI SELATAN -- Kelompok relawan Tuan Guru Sahabat Ganjar menyusuri wilayah perkampungan terpencil di Kabupaten Tapanuli Selatan untuk mengajarkan cara membaca atau tilawah Alquran. Koordinator Daerah (Korda) Tuan Guru Sahabat Ganjar, Al Azhar Fadhli mengatakan sasaran mereka kali ini adalah ibu-ibu di Desa Sibongbong, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

"Kegiatan hari ini yaitu zikir dan (pelatihan) tilawah Alquran. Tujuannya yaitu memperkenalkan bahwasanya Alquran itu adalah kitab untuk agama Islam dan ini adalah kitab yang terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW," katanya dilansir pada Jumat (25/8/2023). 

Baca Juga

Seperti pada kegiatan-kegiatan sebelumnya, kegiatan yang digagas kelompok sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar kali ini kembali mendapat sambutan positif dari warga lantaran dapat menambah ilmu.

Selain itu, warga juga dapat mengenal sosok Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024-2029 melalui sosialisasi yang dilakukan para sukarelawan pada kegiatan itu.

"Tujuan lainnya yaitu untuk menyosialisasikan bahwasanya Pak Ganjar ini adalah salah satu tokoh di Indonesia sebagai calon (presiden) di Pilpres 2024," kata Azhar menambahkan.

Tingkat dukungan warga Kabupaten Tapanuli Selatan terhadap Ganjar diyakini semakin meningkat setelah para sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar turun ke tengah-tengah mereka selama ini.

"Dukungan untuk Pak Ganjar dari (warga) wilayah sini alhamdulilah mulai meningkat dengan adanya kegiatan-kegiatan kepada masyarakat yang telah ditetapkan," ujar Azhar optimistis.

Lebih lanjut, Azhar mengatakan kegiatan serupa sudah rutin dilakukan oleh para sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar di di wilayah-wilayah terpencil seperti pada kegiatan kali ini.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan tersebut selalu mendapatkan respons positif dari warga karena dinilai memiliki banyak manfaat, khususnya dalam meningkatkan keilmuan agama.

Dalam kegiatan itu, pemateri menyampaikan seputar kesucian Al Quran, proses turunnya melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW hingga cara membaca Alquran secara baik dan benar.

"Alhamdulillah, kegiatan hari ini berdampak positif. Menambah wawasan kami tentang bagaimana cara membaca dan mengaji Alquran dengan baik dan benar," kata salah seorang warga, Widia Maulina.

Selain cara membaca Alquran, para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang zikir seperti jenis-jenisnya dan waktu-waktu yang diutamakan untuk mengucapkannya.

"Tadi mempelajari bagaimana cara berzikir, cara bertilawah atau mengaji dengan benar serta bagaimana waktu-waktu berzikir tersebut," ujar Widia menjelaskan.

Ibu-ibu anggota majelis taklim yang mengikuti kegiatan itu semakin senang setelah mendapatkan bantuan tikar dan mesin kipas angin untuk menunjang kegiatan-kegiatan mereka.

Mewakili warga, Widia mengucapkan terima kasih kepada para sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar sekaligus mendoakan agar Ganjar Pranowo dapat terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia selanjutnya.

Sebelumnya, kelompok yang sama menggelar zikir dan praktik sholat tilawah di Lingkungan IV, Kelurahan Brohol, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi, Sumut bersama Majelis Taklim Islamiyah.

“Kami di sini melaksanakan kegiatan edukasi keagamaan mengenai tentang praktik atau simulasi tentang sujud tilawah,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) TGS Ganjar Sumatera Utara, Zulpi Andika.

Dalam kegiatan ini, TGS Ganjar memberikan pengetahuan seputar sujud tilawah. Salah satu Tuan Guru menyampaikan sujud tilawah merupakan gerakan yang dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. 

"Sujud tilawah bisa dilakukan di dalam dan luar sholat. Jika dilakukan di dalam sholat, sujud dilakukan mengikuti imam," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement