Kamis 24 Aug 2023 09:27 WIB

KPU Dukung BEM UI Tantang Capres Debat: Mencerahkan Publik

Anies menjawab setuju tantangan debat BEM UI, Ganjar minta sabar.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Komisioner KPU RI Idham Holik saat memberikan keterangan di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2023).
Foto: Prayogi/Republika
Komisioner KPU RI Idham Holik saat memberikan keterangan di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI angkat bicara terkait rencana Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia menggelar debat, yang melibatkan tiga sosok yang digadang-gadang bakal menjadi calon presiden (capres) Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Rasyid Baswedan.

Komisioner KPU RI Idham Holik awalnya mengatakan bahwa saat ini, belum orang yang bisa disebut capres. Pasalnya, belum ada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang sudah didaftarkan ke KPU karena memang tahapan pendaftaran belum dibuka.

Baca Juga

Sejalan dengan itu, lanjut dia, masa kampanye Pemilu 2024 juga belum dimulai. Masa kampanye selama 75 hari baru dimulai pada 28 November 2023.

Kendati begitu, Idham menyebut kampus memiliki kebebasan akademik yang harus dihormati. Kebebasan akademik bagi civitas akademika itu salah satunya direpresentasikan dengan adanya perdebatan pemikiran politik.

"Diskusi atau debat gagasan politik yang diselenggarakan di kampus berdampak positif terhadap pengembangan wacana publik yang mencerahkan (enlightening public discourse)," kata Idham kepada wartawan di Jakarta, dikutip Kamis (23/8/2023).

Idham mengatakan, ruang publik (public sphere) memang harus diisi dengan dengan diskusi atau debat gagasan supaya demokrasi Indonesia sehat. "Apalagi ke depan di masa kampanye, programmatic campaign (kampanye programatik) sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas demokrasi elektoral Indonesia pada Pemilu Serentak 2024," kata Idham.

BEM UI pada Senin (21/8/2023) mengajak semua bakal capres yang hendak berkampanye untuk datang ke Kampus UI di Kota Depok, Jawa Barat. BEM UI menegaskan, mahasiswa UI siap menguliti semua isi pikiran dan mendebat seluruh argumen para calon presiden.

"Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden atau bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian. Kami siap menyampaikan aspirasi kami dan mendebat seluruh argumen kalian jika perlu," kata Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang.

Tantangan debat dari BEM UI itu direspons beragam oleh sejumlah sosok yang digadang-gadang bakal menjadi capres Pilpres 2024. Bakal capres dari Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan, misalnya, mengaku siap meladeni tantangan tersebut.

Sedangkan bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo meminta pihak-pihak yang ingin mengundangnya berdebat untuk sabar. "Sabar, wong belum opo-opo kok debat," kata Ganjar.

Adapun bakal capres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya Prabowo Subianto belum merespons tantangan debat itu. Kendati demikian, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, mengatakan bahwa Prabowo siap mengikuti debat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement