Rabu 23 Aug 2023 23:39 WIB

BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem di Sebagian Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Sulut hingga 26 Agustus 2023.

Seorang pria mengamati gelombang tinggi di Manado, Sulawesi Utara (Sulut). BMKG mengimbau warga Sulut mewaspadai potensi cuaca ekstrem.
Foto: Antara/Adwit B Pramono
Seorang pria mengamati gelombang tinggi di Manado, Sulawesi Utara (Sulut). BMKG mengimbau warga Sulut mewaspadai potensi cuaca ekstrem.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem. BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 26 Agustus 2023.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle mengatakan, beberapa kabupaten dan kota berpeluang dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang. BMKG menyebutkan cuaca ekstrem berpeluang terjadi pada Jumat (25/8), diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan.

Baca Juga

Pada Ahad (26/8/2023), cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang 1,25 hingga 2,5 meter di perairan Laut Maluku bagian selatan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang hingga tanggal 25 Agustus 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung Ricky D Aror.

Ia mengingatkan, warga memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, untuk perahu nelayan misalkan berhati-hati dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang untuk kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sedangkan kapal feri, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement