Rabu 23 Aug 2023 11:40 WIB

PANTura Ajang Mengangkat Lagi Permainan Tradisional

PAN rayakan HUT ke-25 dengan menggelar turnamen permainan tradisional.

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (depan) saat persiapan kegiatan PANTura (PAN Turnamen).
Foto: istimewa/doc humas
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (depan) saat persiapan kegiatan PANTura (PAN Turnamen).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam rangka merayakan 25 Tahun kelahirannya, Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar PAN Turnamen, yang mereka singkat jadi PANTura. Kegiatan untuk menyambut kelahiran PAN pada 23 Agustus 1998 ini, berisi permainan tradisional yang sudah banyak dilupakan di era digital.

“Tujuan kegiatan ini adalah mengangkat kembali permainan tradisional yang sudah banyak dilupakan di era digital ini, PANtura akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2023,” kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Rabu (23/8/2023).

Zulkifli yang biasa disapa Zulhas, mengatakan Ibarat manusia, umur 25 tahun adalah umur yang lagi aktif dan produktif-produktifnya. Jadi PAN juga akan makin produktif dan aktif di usia ini.

"Acara PANtura sendiri dibalut dengan konsep olahraga dengan permainan tradisional. Semacam pengingat pada permainan masa kecil yang mungkin sudah jarang dimainkan di perkotaan,” kata Menteri Perdagangan ini.

 

Ketua Panitia PANtura, Zita Anjani, menjelaskan, dalam PANtura, akan terdapat 12 kelompok yang diketuai oleh para kader senior PAN, seperti Eddy Soeparno, Yandri Susanto, Bima Arya, Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), Rizky Sadiq, Dessy Ratnasari, Zita Anjani, Sigit Purnomo (Pasha Ungu), dr. Rosaline, hingga nama yang baru bergabung dengan PAN seperti Surya Utama (Uya Kuya), Verrell Bramasta, hingga Tom Liwafa.

Permainan tradisional yang akan dilakukan di PANtura adalah tarik tambang, lomba bakiak, balap karung, hingga galasin. Di barisan pengisi acara, ada band Ungu dan Tofu, serta penampilan penutup dari DJ Athalla.

“Permainan tradisional yang akan dilombakan di PANtura tentu saja akan ada sedikit modifikasi aturan agar lebih menantang bagi peserta dan jadi lebih seru bagi penonton. Apalagi PANtura akan dipandu oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sebagai MC,” ujar  Zita Anjani.

Lebih lanjut, Zita menyatakan bahwa kegiatan ini sekaligus menyambut semakin dekatnya tahun pemilu 2024, dan dengan PANtura, PAN akan terus menggaungkan semangat pemilu damai serta jaga sportivitas.

Gelaran PANtura ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun PAN ke-25. Sebelumnya, di tanggal 28 Agustus akan diadakan Workshop Partai Amanat Nasional yang diikuti oleh lebih dari 3.000 kader di Jakarta.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement