Selasa 22 Aug 2023 18:50 WIB

Mantan Istri Prabowo, Titiek Soeharto Jadi Caleg Partai Gerindra 

Titiek tercatat sebagai bakal caleg DPR RI Partai Gerindra untuk Dapil DIY.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Putri mantan Presiden Soeharto Siti - Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Putri mantan Presiden Soeharto Siti - Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siti Hediati Soeharto alias Titiek Soeharto kembali ikut bertarung memperebutkan kursi anggota DPR. Mantan istri Prabowo Subianto itu kini maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI Pemilu 2024 lewat Partai Gerindra. 

Keikutsertaan putri Presiden Soeharto itu dalam pemilihan legislatif 2024 diketahui setelah KPU RI mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPR RI pada Sabtu (19/8/2023). Dalam dokumen tersebut, terdapat 9.919 nama bakal caleg yang diusung 18 partai politik untuk bertarung di 84 daerah pemilihan (dapil). 

Baca Juga

Titiek tercatat sebagai bakal caleg DPR RI Partai Gerindra untuk Dapil DI Yogyakarta. Dia mendapatkan nomor urut 1 di antara bakal caleg Partai Gerindra lainnya di dapil tersebut. 

Dapil DI Yogyakarta bukanlah medan laga baru bagi Titiek. Dia sudah pernah menang di dapil tersebut ketika menjadi caleg DPR dari Partai Golkar pada Pemilu 2014. Dia pun menjabat sebagai anggota DPR periode 2014-2019. 

Namun, satu tahun jelang masa jabatannya habis, Titiek memilih mundur dari Partai Golkar. Dia lantas bergabung dengan Partai Berkarya yang dipimpin adiknya Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. 

Dalam Pemilu 2024 kali ini, Partai Berkarya gagal menjadi peserta pemilu karena tidak memenuhi syarat administrasi. Titiek pada 2023 memilih pindah ke Partai Gerindra yang dipimpin mantan suaminya, Prabowo Subianto. Dia langsung mendapatkan tiket untuk menjadi caleg DPR RI Pemilu 2024.

photo
Menteri dan wakil menteri Kabinet Jokowi yang terdaftar sebagai caleg. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement