Selasa 22 Aug 2023 14:03 WIB

Perbandingan Kecanggihan Jet Tempur F-16 dan F-15

Jet tempur F-16 dan F-15 adalah dua jet tempur yang paling banyak digunakan di dunia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyaksikan proses penandatangan yang dilakukan Kepala Baranahan Kemenhan Marsda Yusuf Jauhari bersama perwakilan Boeing.
Foto: @prabowo
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyaksikan proses penandatangan yang dilakukan Kepala Baranahan Kemenhan Marsda Yusuf Jauhari bersama perwakilan Boeing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jet tempur F-16 dan F-15 adalah dua jet tempur yang paling banyak digunakan di dunia. Saat membandingkan mesin F-16 dan F-15, penting untuk melihat dua area yaitu kecepatan maksimum dan rasio dorong ke berat.

 

Baca Juga

Dilansir Defense Bridge, F-16 memiliki kecepatan tertinggi 1.500 mph dan rasio dorong terhadap berat 0,95. Sedangkan F-15 memiliki kecepatan maksimum 1.875 mph dan rasio dorong-terhadap-berat 1,08.  Ini berarti F-15 dapat terbang lebih cepat daripada F-16, tetapi juga membutuhkan lebih banyak bahan bakar sehingga membuatnya kurang efisien secara keseluruhan.

 

Evaluasi Kemampuan Manuver di Udara

Manuverability adalah kemampuan pesawat terbang untuk berbelok dengan cepat dan cekatan di udara. Ini adalah faktor penting dalam menentukan pesawat mana yang dapat menyelesaikan misi tertentu secara efektif. F-16 memiliki jangkauan gerak yang lebih besar daripada F-15, sehingga memungkinkan manuver udara yang lebih bervariasi.  F-16 juga memiliki kecepatan putar yang lebih tinggi yaitu 480 derajat per detik dibandingkan F-15 dengan 400 derajat per detik. Hal ini memungkinkan pilot berbelok lebih tajam selama pertempuran udara atau aksi mengelak.

 

Perbandingan Sensor Suite dan Fitur Pertahanan

F-16 memiliki sistem bidik yang canggih, sistem peringatan rudal yang canggih, sekam yang lebih baik, dispenser suar, dan sistem penanggulangan elektronik yang canggih. Sebaliknya, F-15 memiliki kemampuan gangguan peperangan elektronik dan rangkaian sensor yang komprehensif untuk melacak lawan dalam pertempuran. Kedua jet tersebut memiliki rangkaian sensor dan mekanisme pertahanan yang kuat. Namun F-16 menawarkan kemampuan jangkauan dan kecepatan yang lebih mengesankan karena kemampuan manuvernya yang sangat baik.

 

Muatan Senjata dan Kapasitas Bahan Bakar Internal

F-16 memiliki muatan yang jauh lebih kecil dibandingkan F-15. Desain F-16 yang ringan memungkinkannya menghemat bahan bakar dan menawarkan jangkauan yang lebih baik hingga 1.500 nmi, dibandingkan dengan F-15 yaitu 1.200 nmi.  Selain itu, berkat kemajuan teknologi mesin, varian baru kedua pesawat dapat menampung lebih banyak bahan bakar dibandingkan model lama.  Pada akhirnya, pilihan antara jet-jet ini bergantung pada persyaratan misi dan pemahaman apa yang dibawa oleh setiap pesawat.

 

Perawatan dan Biaya Pemeliharaan

F-16 memiliki harga operasional per jam terbang yang lebih rendah karena desain perawatannya yang sederhana.  Hal ini difasilitasi oleh desain mesin tunggal dan kurangnya kompleksitas mekanis.  Selain itu, ukurannya yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan membuatnya lebih mudah dan lebih murah untuk disimpan di darat dibandingkan jet yang lebih besar seperti F-15.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement