Kamis 17 Aug 2023 23:54 WIB

HUT RI, Jasa Sewa Kostum di Bandung Laris Manis

Momen HUT RI menjadi ladang rezeki bagi jasa penyewaan kostum.

Orang-orang memakai berbagai kostum untuk perayaan HUT ke-78 RI (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Orang-orang memakai berbagai kostum untuk perayaan HUT ke-78 RI (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Momen peringatan HUT ke-78 RI menjadi momen ladang rezeki bagi penyedia jasa penyewaan kostum di Kota Bandung. Pasalnya, hampir di setiap tempat mulai dari kompleks pemerintahan, perkantoran, hingga perkampungan menggelar acara yang meriah demi merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang tahun 2023 ini menginjak usia 78 tahun.

Menurut salah seorang pengusaha penyewaan kostum di Padasuka, Bandung, Kamis (17/8/2023), peserta yang datang ingin terlihat meriah mengenakan kostum utama yang menunjukkan identitas kedaerahan. "Memang setiap Agustus menjadi waktu paling sibuk karena banyak warga yang memesan baju daerah," kata Dian salah satu staf Dicostume yang berlokasi di alan Cikutra-Cicadas, Gg Sekepondok Indah No 28, Padasuka, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Baca Juga

Bahkan sewaan kostum daerahnya juga laris pada peringatan HUT ke-78 RI tahun 2023 ini. "Alhamdulillah untuk tahun 2023 ini banyak. Ini saja sekarang kami sedang sibuk mempersiapkan untuk penyewa yang akan mengambil baju adat yang dipesan," kata Dian saat ditemui di lokasi.

Walau tempatnya tidak terlalu luas, Dian mengaku pesanan masyarakat untuk menyewa koleksi baju adat selalu ada setiap hari, terutama di Bulan Agustus yang semakin ramai. "Biasanya pemesanan itu melalui pesan singkat ke kami nanti kami siapkan, atau juga ada yang datang. Agustus semakin ramai, yaitu buat karnaval, parade, atau acara lainnya, termasuk juga Agustus ini," ucapnya.

 

Untuk harga penyewaan kostum di Dicostume, berkisar antara Rp 70 ribu sampai Rp 75 ribu. "Untuk perempuan Rp 75 ribu, yang laki-laki Rp 70 ribu, karena tidak membutuhkan banyak ornamen," tuturnya. 

Ramainya pesanan juga, terjadi di Evoy Production yang merupakan satu tempat penyewaan kostum dan baju adat di tengah Kota Bandung. Walau letaknya di dalam gang yakni di Jalan Pangarang Dalam IV No15, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung, samping Mesjid Al-Mubien, namun keramaian  Agustus ikut memberi dampak bagi usahanya.

Di Evoy Production yang mematok harga sewa mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu untuk satu potong baju daerah, terlihat sangat ramai, dengan antrean terjadi sampai ke bagian luar toko. Bahkan di tempat ini, para pengunjung harus mendapatkan nomor antrean untuk menerima pelayanan, dan pemesanan via telepon atau Whatsapp terlebih dahulu selama Agustus.

"Saya menyewa untuk acara Agustusan di sekolah. Saya dan kawan-kawan harus langsung ke sini karena di sini sudah diumumkan tidak menerima pesanan via whatsapp, untung bisa terlayani walau antrean banyak," ucap Febi salah satu pelanggan Evoy Production.

Satu pelanggan lainnya, Wulan mengaku tidak aneh dengan keadaan ini, karena momen 17 Agustus memang selalu seperti ini. Terkait hal itu, dia mempunyai trik yakni melakukan kontak maksimal tiga hari sebelumnya sehingga saat di lokasi bisa langsung dilayani.

"Jadi sudah sering sewa di sini untuk acara kantor seperti Sumpah Pemuda dan 17 Agustus. Jadi caranya  tiga hari sebelumnya sudah booking, kalau enggak bisa seharian antre," ucapnya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement