Rabu 16 Aug 2023 12:40 WIB

Serap Masukan Terkait Isu Buruh dari Presiden KSBSI, Ganjaran Buruh Berjuang:

KSBSI sudah punya kajian dan kertas posisi terkait poin-poin perbaikan UU Ciptaker.

DPP Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) bertukar gagasan dengan Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Pimpinan Federasi Serikat Buruh (FSB) Garteks.
Foto: Dok. Web
DPP Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) bertukar gagasan dengan Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Pimpinan Federasi Serikat Buruh (FSB) Garteks.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA PUSAT - DPP Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) bertukar gagasan dengan Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Pimpinan Federasi Serikat Buruh (FSB) Garteks. Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan kegiatan itu ditujukan untuk menyerap masukan-masukan konsep dan solusi atas isu-isu ketenagakerjaan. 

Dalam kunjungan ke kantor KSBSI di Jalan Tanah Tinggi 2 No.25, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta itu, DPP GBB dihadiri Ketua Dewan Pembina Ferry Indrianto, Ketua Umum Lukman Hakim, Sekretaris Jenderal Kelik Ismunanto, Bendahara Umum Opsgat Bagus Priambodo, dan Ketua Bidang Hubungan Internasional David Siburian. 

Baca Juga

Rombongan GBB itu semua diterima langsung oleh Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban dan Ketua Umum FSB Garteks Ary Joko beserta Sekjend FSB Garteks Trisnur. 

Dalam obrlolan dengan suasana santai, Elly Rosita mengungkapkan beberapa isu strategis yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, antara lain: perbaikan pasal-pasal dalam kluster ketenagakerjaan dalam UU Omnibus Law Ciptakerja dan isu transisi yang adil terkait perubahan iklim. 

"Kami ingin adanya perbaikan pada pasal-pasal dalam klastet ketenagakerjaan pada UU Cipta Kerja" ujar Elly, seperti dinukil pada Rabu (16/8/2023). 

Elly juga mengaku bahwa KSBSI sudah punya kajian dan kertas posisi terkait poin-poin perbaikan tersebut. Dia mengungkapkan usulan perbaikan itu sudah cukup lama disampaikan ke beberapa pihak di pemerintahan dan DPR. Namun, tidak mendapatkan respons yang nyata.

Sehingga dengan adanya kunjungan GBB yang merupakan sukarelawan Ganjar Pranowo diharapkan dapat menitipkan aspirasi kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. 

Menurut Elly, Ganjar mempunyai karakter kepemimpinan yang dibutuhkan Indonesia ke depan, dekat dengan rakyat dan terbuka pada setiap aspirasi. 

Beberapa hal yang menjadi aspirasi perbaikan dalam cluster ketenagakerjaan dalam cipta kerja itu adalah pasal-pasal yang terkait dengan upah, kontrak/outaourcing, pesangon dan persoalan TKA.

Atas masukan tersebut, Lukman Hakim sangat apresiasi dan berterima kasih kepada Presiden KSBSI yang berjanji akan memberikan salinan kertas posisi terkait perbaikan pasal-pasal UU Ciptaker. 

Dalam kesempatan itu pula, Ketua Dewan Pembina GBB, Ferry Indrianto sangat mengapresiasi atas penerimaan yang hangat oleh Presiden KSBSI dan Ketua Umum Garteks atas safari kepada para pimpinan serikat buruh.

Lebih lanjut Ferry mengungkapkan bahwa kunjungan atau Safari GBB kepada para pimpinan serikat buruh ini merupakan bagian dari peran GBB sebagai relawan sektoral buruh Ganjar Pranowo dalam membangun komunikasi yang baik.

Pihaknya juga menghimpun ide dan gagasan yang konstruktif untuk dirumuskan lebih lanjut bersama serikat-serikat buruh dan untuk bersama-sama disampaikan dalam kesempatan ramah tamah serikat - serikat buruh bersama Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, GBB juga melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) dengan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Tangerang di Training Center SPN, Maja, Kabupaten Lebak, Banten, akhir pekan kemarin.

Seperti dilansir dari Antara, tidak hanya melakukan MoU saja, GBB dan SPN melangsungkan kegiatan pemberdayaan yang sekaligus sebagai ajang silaturahmi bersama para buruh di wilayah tersebut.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement