Selasa 15 Aug 2023 19:30 WIB

Gerbang Tol Semper Gunakan Sistem Transaksi Pengembalian Saldo untuk Pertama Kali

JTCC terapkan sistem transaksi pengembalian saldo untuk kali pertama.

Jalan tol (ilustrasi). JTCC terapkan sistem transaksi pengembalian saldo untuk kali pertama
Jalan tol (ilustrasi). JTCC terapkan sistem transaksi pengembalian saldo untuk kali pertama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKATA— Jalan Tol Cibitung–Cilincing (JTCC) telah mengoperasikan GT Semper dengan menggunakan sistem transaksi pengembalian saldo uang elektronik pada 26 Juli 2023. Sistem transaksi pengembalian saldo uang elektronik di di GT Semper ini merupakan sistem transaksi yang pertama di Indonesia.

Sebelumnya, JTCC Seksi 4 (Tarumajaya-Marunda–Cilincing) telah beroperasi sejak 01 April 2023 dengan memberlakukan tarif gratis. 

Baca Juga

Pemberlakuan tarif gratis dan diskon tarif tol JTCC ini merupakan bentuk dukungan Perusahaan untuk memaksimalkan distribusi logistik, memastikan arus barang agar tetap lancar dan aman, serta sebagai salah satu bentuk pelayanan dan apresiasi Perusahaan kepada para pengguna jalan yang melintasi JTCC.

“Kami telah melakukan koordinasi dan kolaborasi terkait penerapan sistem transaksi ini, terutama pihak BPJT dan Bank Indonesia sebagai regulator, dan tentu saja pihak yang terlibat langsung nantinya dalam penerapan sistem transaksi ini, seperti pihak integrator dan pihak perbankan. Untuk membangun sistem pengembalian saldo uang elektronik ini yang pertama kali diimplementasikan di Indonesia pada JTCC, bukan merupakan hal yang mudah dan telah melewati beberapa kali uji coba sebelum penerapannya pada GT Semper yang telah beroperasi pada 26 Juli ini,” ujar Direktur Teknik dan Operasi PT Cibitung Tanjung Priok Tollways atau PT CTP Yaya Ruhiya, Selasa (15/8/2023) dalam keterangannya.

JTCC yang membentang sepanjang +/- 34 KM merupakan bagian dari jaringan Jakarta Outer Ring Road-2 (JORR-2) yang tersambung dengan jaringan JORR di simpang susun Cilincing pada KM 34 JTCC dan KM 60 JORR. 

Pengguna jalan tol dari arah Cibitung menuju Cilincing akan bertransaksi di GT Marunda pada KM 28 dengan membayar tarif terintegrasi antara JTCC dan JORR. Pengguna jalan yang akan melanjutkan perjalanan ke JORR-1 dapat menuju ke arah Cikunir dan Tanjung Priok dengan menggunakan simpang susun Cilincing. 

Sedangkan pengguna jalan tol yang akan keluar ke arah Arteri Cakung-Cilincing dapat menggunakan akses keluar melalui GT Semper dengan menggunakan lajur paling kiri. Nilai pengembalian saldo uang elektronik (tarif JORR-1 yang terlanjur dipotong di GT Marunda) di GT Semper sebesar tarif JORR yaitu:

  1. Golongan 1 sebesar Rp 16 ribu 
  2. Golongan 2 & 3 sebesar Rp 23.500
  3. Golongan 4 & 5 sebesar Rp 31.500

“Kami mengerti bahwa pengoperasian GT Semper telah lama ditunggu oleh pengguna jalan yang merupakan inovasi dari kami selaku BUJT untuk memberikan pelayanan terbaik. Sistem transaksi pengembalian saldo uang elektronik ini diharapkan dapat mengakomodir pengguna jalan yang mempunyai tujuan ke area Cakung, Cilincing, Marunda, dan sekitarnya,” ujar Yaya Ruhiya.

Baca juga: Ketika Berada di Bumi, Apakah Hawa Sudah Berhijab? Ini Penjelasan Pakar

 

“Kami juga melihat, bahwa lebih dari 60 persen kargo di Pelabuhan Tanjung Priok berasal dari kawasan industri timur Jakarta dan banyaknya mobilitas masyarakat dari dan menuju destinasi di sekitar Bekasi dan DKI Jakarta, sehingga kehadiran JTCC diharapkan dapat menghindarkan masyarakat dan pengguna jalan dari kemacetan di ruas tol dalam kota, sebagian Tol Jakarta–Cikampek, dan sebagian JORR sisi utara, serta dapat mengurangi kepadatan di jalan arteri,“ ujar Direktur Utama SPSL Joko Noerhudha.

Berdasarkan data dari KemenPUPR, ditargetkan hingga akhir 2024 akan tersambung jalan tol sepanjang total 3.196 km yang tersebar Jawa, Sulawesi, Sumatra, Bali, dan Kalimantan yang seluruhnya termasuk dalam Proyek Strategis Nasional yang diprioritaskan untuk selesai maksimal pada 2024.

Sejalan dengan hal tersebut, pembangunan JTCC merupakan salah satu langkah Perusahaan untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia dan diharapkan secara bertahap dapat membantu mewujudkan interkoneksi logistik sehingga dapat berpartisipasi dalam upaya penurunan biaya logistik nasional, memperkuat konektivitas negeri, meningkatkan pemerataan hasil pembangunan, percepatan pembangunan ekosistem logistik, serta mendukung akselerasi kemajuan ekonomi nasional.       

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement