Selasa 15 Aug 2023 14:42 WIB

Agar Ikan Hias Produksi Bangka Belitung Semakin Mendunia

Ikan hias dari Bangka Belitung berpotensi diekspor ke berbagai kawasan.

Ilustrasi budi daya ikan hias.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi budi daya ikan hias.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKAL PINANG -- Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan akan memperbanyak kontes ikan hias, sebagai langkah mengoptimalkan promosi keindahan dan keunggulan ikan hias di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Ikan hias Babel seperti chana ini sangat indah, cantik sekali dan memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan," kata Suganda  saat meninjau Pekan Pelayanan Publik BKIPM Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga

Ia menyatakan Pemprov Kepulauan Babel bersama Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), peternak dan komunitas ikan hias Kepulauan Babel akan menginisiasi kontes-kontes ikan hias tingkat lokal, nasional dan internasional.

"Kontes dan berbagai acara  inilah yang akan memperkenalkan produk-produk unggulan termasuk ikan hias Kepulauan Babel ini ke masyarakat luas," katanya.

 

Menurut dia melalui kontes ikan hias dan publikasi di media massa ini akan menarik wisatawan maupun pecinta ikan hias dari luar daerah datang ke Kepulauan Bangka Belitung, sehingga akan mendorong perekonomian masyarakat khususnya pembudidaya ikan hias.

"Ikan chana khas Babel sangat cantik dan ini akan membuat orang penasaran dan ingin melihat langsung habitat asli ikan hias lokal ini di Babel," katanya.

Kepala BKIPM Kepulauan Babel Dedy Arief Hendriyanto mengatakan ikan chana asli Babel luar biasa dan sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia.

"Kami sudah beberapa kali menggelar kontes chana ini dan ikan hias lokal ini sudah menasional," katanya.

Ia mengatakan potensi pengembangan budidaya ikan hias khusus chana sangat luar biasa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini.

"Budidaya ikan chana ini cukup mudah dan sudah ada di mana-mana. Yang penting ada kemauan masyarakat untuk membudidayakan ikan hias bernilai ekonomi tinggi ini," katanya. 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement