Selasa 15 Aug 2023 10:37 WIB

Kapolda Metro: Densus 88 Temukan Bendera ISIS di Rumah Teroris

Untuk sementara senjata yang berhasil disita dari DE sebanyak 18 pucuk.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Personel Densus 88 Antiteror Polri menggeledah lemari yang berisi senjata api milik tersangka DE.
Foto: Istimewa
Personel Densus 88 Antiteror Polri menggeledah lemari yang berisi senjata api milik tersangka DE.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyebutkan, anggota Densus 88 Antiteror Polri menemukan bendera kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) saat penggeledahan kediaman terduga teroris laki-laki berinisial DE di Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (14/8/2023).

Pelaku yang diduga pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI) tinggal di Perumahan Pesona Anggrek Harapan, RT 07, RW 27, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. "Kalau saya lihat ada bendera ISIS, untuk pengembangan mungkin Detasemen Khusus  88 yang mengetahui lebih detail untuk menjelaskan kepada masyarakat melalui Mabes Polri," kata Karyoto  di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga

 

Karyoto juga menjelaskan, untuk sementara senjata yang berhasil disita sebanyak 18 pucuk. "Masih dihitung, ada 18 senjata, itu masih campuran ada yang air gun yang dimodifikasi jadi senjata api, ada juga senjata pabrikan," ucapnya.

Karyoto juga menyebutkan, alasan dirinya datang ke tempat kejadian perkara (TKP) adalah untuk melihat langsung masyarakat yang terpapar teroris. "Kenapa saya ingin lihat TKP, seperti apa sebenarnya masyarakat kita yang terpapar teroris dan sudah menjadi teroris itu, kita pingin lihat, " jelasnya.

 

Karyoto pun mengimbau kepada masyarakat agar betul-betul lebih peka dan teliti apabila ada orang-orang baru yang memiliki kehidupan tertutup. "Itu mesti kita amati, ketua RT, masyarakat yang paling dekat harus memberi tahu apa, paling tidak kalau ada yang aneh-aneh, sampaikan kepada ketua RT agar bisa disampaikan ke Bhabinkamtibmas sehingga kita bisa melakukan deteksi dini," kata Karyoto.

 

Sebelumnya terduga teroris DE yang diamankan Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri dalam penggerebekan di Perumahan Pesona Anggrek Harapan, Kota Bekasi, terbukti menyimpan senjata api di dalam sebuah lemari. Ketua RT setempat Ichwanul Muslimin mengatakan, ia sempat mengikuti polisi dalam penggeledahan rumah tersebut.

Semua senjata ditaruh di lemari...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement