Senin 14 Aug 2023 23:26 WIB

Masyarakat Tasikmalaya Diingatkan Pentingnya Imunisasi

Imunisasi untuk mencegah berbagai penyakit terhadap anak.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ani Nursalikah
Masyarakat Tasikmalaya Diingatkan Pentingnya Imunisasi
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Masyarakat Tasikmalaya Diingatkan Pentingnya Imunisasi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Anggota Komisi IX DPR Nurhayati Effendi melaksanakan penyuluhan kepada ratusan warga di Kota Tasikmalaya terkait pentingnya imunisasi, Senin (14/8/2023). Kegiatan penyuluhan itu dilakukan agar masyarakat makin paham pentingnya imunisasi untuk mencegah berbagai penyakit terhadap anak.

Nurhayati mengatakan, imunisasi dapat melindungi anak terhadap berbagai penyakit, seperti polio, difteri, pertusis, tetanus, dan campak rubela. Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk tak ragu melaksanakan imunisasi yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Baca Juga

“Imunisasi sangatlah penting agar anak terhindar dari berbagai penyakit. Saya di sini melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk menyadarkan mereka bahwa imunisasi punya banyak sekali manfaat,” kata dia, Senin.

Selain melalukan imunisasi, Nurhayati menambahkan, masyarakat juga harus tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Ia menilai, PHBS akan sangat berdampak terhadap kesehatan, khususnya anak-anak.

“Selalu saya tekankan, bahwa PHBS adalah salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah berbagai macam penyakit. PHBS juga bisa mencegah anak terjangkit stunting,” ujar dia.

Dalam kegiatan itu, setidaknya terdapat sekitar 750 warga yang menjadi sasaran penyuluhan. Tak hanya dihadiri warga, kegiatan itu juga melibatkan unsur dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya secara resmi memulai program vaksinasi Rotavirus (RV) dan Human papillomavirus (HPV) pada Rabu (9/8/2023). Pelaksanaan vaksinasi itu akan menyasar balita di bawah dua tahun dan anak kelas 5 sekolah dasar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, pelaksanaan vaksinasi itu dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi beberapa jenis penyakit yang banyak berkembang belakangan ini. Pasalnya, pihaknya ingin anak-anak hari ini penerus menjadi generasi yang berkualitas.

"Untuk jadi berkualitas itu dia harus sehat dulu. Kalau sehat, berbagai aktivitas yang dijalaninya akan optimal," kata dia, Rabu.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, vaksinasi RV akan dilakukan kepada baliya berusia dua bulan, tiga bulan, dan empat bulan. Sasaran pelaksanaan vaksinasi RV di Kota Tasikmalaya berjumlah 10.473 orang. Sementara untuk vaksinasi HPV akan dilakukan kepada anak kelas 5 sekolah dasar, dengan sasaran sebanyak 6.318 orang.

Program vaksinasi RV dan HPV tak hanya dilakukan saat ini, melainkan akan dibuat berkenlanjutan. Pasalnya, vaksinasi RV dan HPV akan dijadikan program wajib imunisasi dasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement