Jumat 04 Aug 2023 04:34 WIB

Logika dan Etika Rocky Gerung: Dari Bajingan, Tolol, Kesantunan, Hingga Salah Persepsi

Apakah pelanggaran sopan santun dan etika dapat jadi tersangka pidana?,

Pengamat Politik Rocky Gerung.
Foto:

Pelanggaran Etika?

Sekarang kita beralih ke pandangan kelompok kedua, bahwa Rocky dinilai telah melanggar etika. Apa itu etika? Dari berbagai pemikiran filsafat moral dapat diringkas, bahwa etika adalah studi tentang prinsip-prinsip yang mengatur perilaku manusia dan bagaimana manusia seharusnya bertindak. Studi etika melibatkan pemikiran kritis tentang apa yang dianggap baik dan buruk dalam masyarakat. 

Etika membahas prinsip-prinsip universal untuk mengevaluasi penalaran  dan alasan di balik tindakan, juga dampak yang diharapkan dari tindakan. Etika mencakup pemikiran filosofis, teori moral, dan penilaian rasional terhadap tindakan manusia.

Karena itu, etika berbeda dari sopan santun yang bersifat lokal dan konvensional. Seseorang yang tidak santun tidak berarti melanggar etika. Perhatikan kesamaan pola ‘ka’ pada etika, logika, fisika, dan matematika. Semuanya menunjukan studi atau ilmu.  

Sebagi studi, etika berusaha membangun prinsip-prinsip universal dalam menganalisis sebuah tindakan. Pemberian nilai baik dan buruk pada tindakan tertentu harus melibatkan pembuktian-pembuktian dan ukuran-ukuran rasional. Berbeda dengan sopan santun yang menggunakan citarasa lokal, berbasis tradisi dan kesepakatan iktibari (opinian belaka). 

Dalam percakapan keseharian, kata etika sering digunakan untuk tiga makna. Etika sebagai moral, etika sebagai kode etik dan etika sebagai sopan santun sosial. Ketiga konsep ini berbeda secara esensi dan substansi. Lalu, penghukuman Rocky Gerung melanggar etika, dalam makna yang mana? 

Dalam makna pertama, etika-moral, butuh pembuktian-pembuktian rasional dan pengukuran-pengukuran universal untuk menyimpulkan tindakan dan ucapan Rocky bernilai buruk. Ukuran-ukuran dan bukti-bukti universal itu harus didapat dalam jawaban tiga pertanyaan penting etika.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement