Rabu 09 Aug 2023 16:35 WIB

Ini Pentingnya Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Meskipun rumit, matematika bermanfaat terhadap kehidupan sehari-hari.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Nora Azizah
Meskipun rumit, pelajaran matematika bermanfaat karena sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Foto: Facebook
Meskipun rumit, pelajaran matematika bermanfaat karena sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dwi Reni Susanti, mengatakan, meskipun dinilai sulit dan rumit, keberadaan matematika juga memberikan manfaat yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika tidak hanya memiliki peran penting dalam dunia akademik dan profesional, tetapi juga di setiap aspek kehidupan. Pandangan ini memberikan pandangan baru. 

Menurutnya, relevansi matematika tidak terbatas pada situasi formal, tetapi juga meluas ke berbagai aspek kehidupan yang mungkin tidak disadari. Matematika memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan dalam mengembangkan kreativitas.

Baca Juga

"Bahkan, dalam hal sepele seperti membuat secangkir kopi di pagi hari, terdapat takaran dan kombinasi yang harus dipertimbangkan secara matematis,” jelasnya. 

Pemahaman matematika secara dasar memiliki peran sentral dalam keterampilan memecahkan masalah sehari-hari. Kemampuan untuk berpikir kreatif, teliti, dan sistematis dalam mencari solusi.  

Ia mencontohkan, teori Polya dalam matematika yang memberikan tahapan dalam memecahkan suatu masalah. Hal ini dimulai dari pemahaman masalah, penyusunan rencana penyelesaian, pelaksanaan rencana, dan pengecekan kembali.

Reni juga menyampaikan, salah satu ilmu dasar yang penting dipahami dalam matematika adalah aljabar. Ilmu dikenal sebagai cabang matematika yang memanipulasi simbol-simbol matematika. 

Pemahaman aljabar memungkinkan individu untuk mengatasi masalah keuangan dengan merumuskan persamaan matematika yang relevan. Dalam dunia bisnis, aljabar membantu merumuskan hubungan antara variabel seperti permintaan dan harga produk.

Matematika juga sangat krusial dalam dunia programming. Ilmu logika yang diterapkan dalam algoritma menjadi dasar dan pondasi untuk memahami bahasa pemrograman. Penguasaan matematika yang baik tentu membantu seseorang dalam memahami logika pemrograman, merancang algoritma yang efisien, dan memecahkan masalah dalam pengembangan perangkat lunak.

“Dengan begitu, akan muncul aplikasi, perangkat lunak, dan inovasi teknologi yang baik pula,” ucapnya, dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, dikutip Rabu (9/8/2023).

Matematika juga diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Sisi positifnya adalah memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah dengan mendalam dan mengidentifikasi pola-pola yang relevan. Kemudian juga untuk mengembangkan solusi yang logis dan terukur.

Dengan matematika, seseorang dapat mengambil keputusan yang lebih rasional. Kemudian juga mampu melihat berbagai sudut pandang dan mengevaluasi implikasi dari setiap langkah yang diambil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement