Rabu 09 Aug 2023 02:01 WIB

Mengenang Sang Pendiri, Panasonic Gelar Haul ke-39 H Thayeb Mohammad Gobel

Thayeb Mohammad Gobel raih predikat pelopor industri elektronika Indonesia

PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) menggelar peringatan Haul ke-39 Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel, figur pendiri yang menginspirasi di balik kesuksesan perusahaan. Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 di Kantor PGI, Cawang, Jakarta ini merupakan acara penghormatan kepada sosok yang telah memberikan kontribusi  besar dalam membangun perusahaan dan industri elektronik di Indonesia.
Foto: dok Panasonic Gobel
PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) menggelar peringatan Haul ke-39 Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel, figur pendiri yang menginspirasi di balik kesuksesan perusahaan. Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 di Kantor PGI, Cawang, Jakarta ini merupakan acara penghormatan kepada sosok yang telah memberikan kontribusi besar dalam membangun perusahaan dan industri elektronik di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) menggelar peringatan Haul ke-39 Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel, figur pendiri yang menginspirasi di balik kesuksesan perusahaan. Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 di Kantor PGI, Cawang, Jakarta ini merupakan acara penghormatan kepada sosok yang telah memberikan kontribusi  besar dalam membangun perusahaan dan industri elektronik di Indonesia.

Lahir di Tolo Tio, sebuah desa kecil di Gorontalo Utara 12 September 1930, Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel memulai usahanya sendiri dari menjual ayam, semir sepatu, sampai perusahaan ekspedisi. Hingga di tahun 1954, ia mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing yang memproduksi radio Tjawang, dan di tahun 1962 menjelang diselenggarakannya Asian Games bersama Lepin Karyayasa, Drs H Thayeb Mohammad Gobel memproduksi 10 ribu TV hitam putih, sampai mendapat predikat sebagai pelopor industri elektronika Indonesia.

H. Abdullah Tauhid Gobel, Vice President Director PT Panasonic Gobel Indonesia dan putra dari almarhum Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel mengatakan, peringatan Haul ke-39 menjadi momen bersejarah bagi Panasonic Gobel dan seluruh stakeholder yang terlibat.

Acara ini menjadi kesempatan untuk menghormati dan mengenang jejak inspiratif sang pendiri perusahaan, yang telah membawa Panasonic GOBEL menjadi salah satu pemimpin dalam industri elektronik di Indonesia.

"PGI merasa bangga atas perjalanan yang luar biasa ini, yang dimulai dengan tekad dan semangat kuat dari almarhum Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel. Melalui kerja keras dan visi misi beliau, perusahaan telah berhasil mencapai posisi terdepan dalam industri elektronik untuk menyediakan produk berkualitas tinggi dan solusi inovatif kepada pelanggan di Indonesia demi meraih kebahagiaan setiap harinya, layaknya slogan perusahaan Live Your Best.” ujar H. Abdullah Tauhid Gobel.

Acara Haul ke-39 Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel melibatkan berbagai kegiatan keagamaan bersama Majelis Ta’lim Nurul Musthofa dan Al Habib Hasan bin Ja’far Assegaf, seperti Salat Berjamaah, Pembacaan Doa, Ceramah serta pemberian 150 santunan dalam rangka memperingati Lebaran Anak Yatim. Selain itu seluruh stakeholder berkesempatan mendengarkan cerita-cerita inspiratif tentang semangat kewirausahaan, visi masa depan, serta tantangan dan keberhasilan yang dialami oleh Thayeb Mohammad Gobel selama memimpin Panasonic Gobel.

Kisah inspiratif tersebut, dapat kita ketahui bersama mulai dari langkah besar alm Drs. H. Thayeb Mohammad Gobel melakukan Joint Venture pada 27 Juli 1970 bersama Matsushita Electric Industrial Company Limited, Jepang. Kerjasama ini menjadi jalan untuk lahirnya PT Nasional Gobel yang membuahkan hasil nyata hingga dinobatkan sebagai pengusaha teladan oleh pemerintah daerah khusus Ibu Kota di tahun 1977, dan penghargaan Kun Santo Zuikosho dari pemerintah Jepang di tahun 1981. Menghembuskan nafas terakhir pada 21 Juli 1984, semangat Gobel tak pernah pudar. Salah satu bukti keberhasilan perusahaan yang selama ini dibina dan ditumbuh kembangkannya adalah penganugerahan Upakarti yang pertama dari pemerintah Indonesia tahun 1985.

Bagi Gobel, pilihan di industri elektronik bukan hanya untuk mencari keuntungan, tapi terutama merupakan medan juang tempat mengabdi dan berkarya kepada masayarakat, bangsa, dan negara. Karenanya dua falsafah perusahaan yaitu Falsafah Pohon Pisang dari Gobel dan Falsafah Air Mengalir dari Matsushita, menjadi pegangan dasar dalam berkarya serta menjalankan aktivitas sehari-hari. Kemudian tongkat estafet perusahaan diberikan kepada Dr. H. Rachmat Gobel di tahun 1987, dan mulai aktif secara resmi dalam kegiatan perusahaan, dan memulai kepemimpinan di Matsushita Group tahun 1993.

“Kami berharap acara ini dapat menjadi kesempatan bagi Panasonic GOBEL untuk mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua stakeholder yang telah mendukung perjalanan perusahaan ini, sehingga kita semua dapat memperkuat hubungan yang telah terjalin, dan saling berbagi visi dalam mewujudkan masa depan PGI yang lebih baik” tutup H. Abdullah Tauhid Gobel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement