Senin 07 Aug 2023 15:53 WIB

Satu Warga Garut Meninggal Diduga Terinfeksi Difteri

Pasien merupakan perempuan yang berusia sekitar 24 tahun.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ani Nursalikah
Petugas kesehatan melakukan vaksinasi ORI di Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Senin (27/2/2023). Vaksinasi itu dilakukan menyusul penetapan KLB penyakit difteri di Kabupaten Garut.
Foto:

"Kalau KLB kan sudah ditetapkan sejak ada kasus di Pangatikan. Jadi tinggal melanjutkan penanganan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan temuan kasus difteri di Kecamatan Pangatikan harus menjadi perhatian. Masyarakat juga diminta lebih waspada dalam menghadapi kasus itu.

"Kami akan melakukan upaya yang bisa melindungi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang ada di lingkungan itu. Pengalaman di Pangatikan, difteri bisa ditangani. Caranya dengan imunisasi," kata dia.

Menurut Helmi, saat ini tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut telah turun ke lapangan untuk melakukan penanganan. Ia pun meminta masyarakat di wilayah itu untuk dapat respons apabila tim sedang melakukan pemeriksaan.

"Saat ini tim sudah turun, melakukan upaya terbaik. Agar kasus dapat ditangani, masyarakat juga terlindungi," ujar dia.

Helmi juga siap untuk menyiagakan ruangan perawatan di RSUD dr Slamet Kabupaten Garut apabila banyak kasus difteri yang ditemukan. Namun, ia meyakini kasus yang ada saat ini dapat tertanggulangi dengan maksimal.

"Insya Allah bisa ditangani, karena kita punya pengalaman di Kecamatan Pangatikan dan wilayah kota kemarin," kata Helmi.

Pemkab Garut akan berkonsultasi dengan Pemprov Bandung...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement