Senin 07 Aug 2023 12:12 WIB

Riau Bhayangkara Run 2023 Bantu Tingkatkan Pendapatan Daerah

Sebanyak dua ribu peserta terlibat dalam ajang lomba lari tersebut.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para peserta Riau Bhayangkara Run 2023 bersiap memulai lari.
Foto: Dok. Web
Para peserta Riau Bhayangkara Run 2023 bersiap memulai lari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riau Bhayangkara Run 2023 telah digelar di Kota Pekanbaru, Ahad (6/8/2023). Sebanyak dua ribu peserta terlibat dalam ajang lomba lari tersebut, di mana hampir seribu peserta berasal dari luar provinsi, di antaranya Sumatra Barat, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Sumatra Utara, hingga Jawa Barat. 

Hal tersebut membuat pendapatan ekonomi daerah meningkat di berbagai sektor mulai dari transportasi, penginapan, kuliner, hingga penjualan oleh-oleh khas Riau. Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, animo masyarakat untuk mengikuti event ini sangat tinggi.

Baca Juga

"Hal ini tentunya menjadi kebanggan bersama karena Riau Bhayangkara Run ini menunjukkan keberhasilan kita untuk meningkatkan ekonomi di Provinsi Riau. Saat ini saya juga mendapatkan laporan okupansi penginapan di Pekanbaru meningkat 80-90 persen. Terima kasih 800 lebih runner dari luar Provinsi Riau," kata Iqbal dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Ahad (6/8/2023).

Riau Bhayangkara Run memperlombakan lari jarak 5 kilometer (km), 10 km, dan 21 km. Ribuan pelari ini memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah untuk kategori pemula atau pelajar putra-putri hingga umum. Panitia penyelenggara acara tersebut juga memastikan keselamatan dan kenyamanan para peserta dengan menyiapkan tim medis dan keamanan hingga fotografer. 

Selain itu, peserta juga disuguhkan dengan berbagai macam pertunjukan seni. Mulai dari seni musik tradisional, tari-tarian, hingga putra-putri Riau berpakaian tradisional yang turut memberikan semangat kepada para pelari. Mohammad Iqbal mengatakan, Riau Bhayangkara Run akan dijadikan agenda tahunan karena mendapat sambutan positif dari masyarakat. 

"Tahun depan harus lebih besar daripada ini. Kalau sekarang hadiah doorprize utamanya 1 mobil, tahun depan 2 unit. Tapi, perlu diketahui keberhasilan event ini bukan hanya kerja-kerja kepolisian. Namun, merupakan kerja bersama seluruh pihak untuk masyarakat Indonesia dan Riau secara spesifik," kata dia.

Di lain pihak, Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi gelaran ini. Dia mengatakan lomba lari yang diadakan Polda Riau memiliki banyak dampak positif bagi masyarakat, termasuk mempromosikan Riau ke kancah nasional. "Semangat Bhayangkara Run ini luar biasa, datang dari berbagai daerah. Ini dalam rangka HUT Bhayangkara, HUT Provinsi Riau dan Hari Kemerdekaan dan momen ini tepat sekali, termasuk promosi Riau," kata Syamsuar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement