Ahad 06 Aug 2023 20:45 WIB

Jokowi Ingin Masyarakat Kembali Gemar Memakai Kebaya

Ia menilai kebaya adalah karakter wanita Indonesia yang anggun.

Presiden RI Joko Widodo saat ditemui usai acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (6/8/2023).
Foto: ANTARA/Mentari Dwi Gayati
Presiden RI Joko Widodo saat ditemui usai acara Istana Berkebaya di depan Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (6/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menginginkan agar masyarakat luas menggemari kembali busana kebaya untuk dipakai di seluruh kegiatan melalui penyelenggaraan acara Istana Berkebaya yang digelar di depan Istana Merdeka, Jakarta, Ahad (6/8/2023).

"Kita ingin tidak hanya menteri, tidak hanya di gubernur-an, tetapi untuk masyarakat secara luas. Kita ingin agar menyenangi kembali, menggemari lagi pemakaian kebaya di seluruh kegiatan, seluruh 'event-event' yang ada di Tanah Air," kata Jokowi.

Baca Juga

Menurut Presiden, acara Istana Berkebaya bertujuan mengenalkan kembali akan karakter dan kepribadian masyarakat Indonesia melalui kebaya. Ia menilai kebaya adalah karakter wanita Indonesia yang anggun, lemah lembut, namun bersahaja.

Ia menginginkan pemakaian kebaya tidak hanya digencarkan di Jakarta, tetapi juga di daerah dengan busana khasnya masing-masing. "Saya kira ini terus harus dilakukan dengan gencar tidak hanya di Jakarta, tetapi di daerah-daerah dengan kebaya masing-masing karena ada kebaya encim di Jakarta, ada kebaya Sunda, kebaya Jawa, kebaya Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, semuanya ada kebaya," kata Jokowi.

 

Ia pun mengapresiasi kreasi dan inovasi baru kebaya baik dari segi motif, desain dan warna yang bervariasi, layaknya Indonesia.

Adapun acara Istana Berkebaya merupakan pagelaran busana kebaya encim dari Betawi dengan para model yang berjalan di panggung, seperti menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju, istri menteri yang tergabung dalam anggota OASE KIM duta besar negara sahabat, hingga masyarakat.

Peragaan busana kebaya oleh tokoh wanita inspiratif Indonesia dengan tajuk "Istana Berkebaya" ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ratusan peserta berjalan di panggung catwalk 200 meter di area luar depan Istana Merdeka.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement