Sabtu 05 Aug 2023 18:52 WIB

Djarot akan Laporkan Aktivis HMI yang Bakar Bendera PDIP

Aktivis HMI membela Rocky Gerung yang dilaporkan politikus PDIP ke kepolisian.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat.
Foto: Dok.Republika
Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pihaknya telah siap melaporkan oknum aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pembakar bendera partai di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Jumat (4/8/2023). Para mahasiswa mengecam PDIP lantaran melaporkan aktivis Rocky Gerung ke kepolisian.

"Untuk diketahui, PDIP memiliki militansi yang tinggi termasuk dalam mengibarkan jutaan bendera di seluruh Tanah Air, dan menjaganya dari tindakan yang tidak pantas," katanya usai acara pelatihan juru kampanye (jurkam) muda partai di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga

Bendera partai bagi seluruh partai politik yang ada di Indonesia merupakan simbol yang harus dihormati. Oleh karena itu, kata Djarot, PDIP akan mengambil langkah hukum dengan melaporkan pelaku pembakaran bendera partai ke kepolisian. Dia mengatakan, semua pihak harus mengedepankan etika dalam berpendapat dan berekspresi.

"Kejadian pembakaran bendera PDIP sangat disayangkan. Menjelang Pemilu 2024 maka semua pihak harus menahan diri dari perbuatan yang memancing emosi massa. Sebab pembakaran bendera bisa menimbulkan kemarahan di akar rumput," kata eks wakil gubernur DKI Jakarta itu.

Pembakaran bendera itu dilakukan sekelompok aktivis HMI yang melakukan unjuk rasa membela Rocky Gerung, yang diduga menghina Presiden Jokowi. Dalam aksinya, mereka membakar bendera PDIP saat aksi unjuk rasa di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat.

Djarot menilai, pelaporan PDIP atas Rocky Gerung dalam koridor hukum, sehingga patut dipertanyakan maksud aksi pembakaran bendera PDIP tersebut. Dia mengatakan, semua pihak harus menjaga suasana kondusif menjelang pesta demokrasi 2024.

Jaga suasana jelang 2024...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement