Sabtu 05 Aug 2023 17:00 WIB

Tim SAR Gabungan Evakuasi 37 Wisatawan Kapal Kandas di Labuan Bajo

Di sekitar Pulau Kelor Labuan Bajo pukul 13.30 Wita kapal menabrak karang dan kandas.

Sebanyak 37 wisatawan dievakuasi dari KM Duta Samota yang kandas menabrak karang.
Foto: Antara
Sebanyak 37 wisatawan dievakuasi dari KM Duta Samota yang kandas menabrak karang.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 37 wisatawan dari kapal wisata KM Duta Samota yang kandas di Perairan Pulau Kelor, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Saat tiba di sekitar Pulau Kelor Labuan Bajo pukul 13.30 Wita kapal menabrak karang dan kandas.

Kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan, berdasarkan informasi, kapal tersebut membawa 33 wisatawan mancanegara dan empat wisatawan nusantara.

"Kapal kandas di perairan Pulau Kelor yang berjarak sekitar 5,86 nautical mile dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo," kata dia dari Maumere, Kabupaten Sikka, Sabtu (6/8/2023).

Selain 37 wisatawan yang dievakuasi, Tim SAR Gabungan juga mengevakuasi empat orang anak buah kapal (ABK). Sedangkan dua orang ABK lainnya tetap bertahan di kapal. "Tim lakukan evakuasi penumpang ke pelabuhan," ungkapnya.

Kapten KM Duta Samota bernama Arik menjelaskan, kapal tersebut melakukan perjalanan wisata dari Lombok, Nusa Tenggara Barat pada hari Rabu. Mereka menyinggahi beberapa pulau di antaranya Kanawa, Pulau Komodo, Pink Beach, Pulau Padar, dan Pulau Manjarite.

Ia menyebut, kapal tersebut terseret arus ke daerah dangkal saat hendak meninggalkan Pulau Kelor. Kapal mengalami kebocoran dan air masuk dari lambung kiri kapal.

"Kita minta tolong kapal-kapal sebelah untuk bantu evakuasi penumpang dan barang-barang," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement