Sabtu 05 Aug 2023 09:38 WIB

Ajak Masyarakat Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI, Ini Cara Daftarnya

Perayaan HUT RI di Istana akan dikemas menarik bagi masyarakat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi
Istana Merdeka di Jakarta Pusat (ilustrasi).
Foto: Dok Setkab
Istana Merdeka di Jakarta Pusat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretariat Presiden mengajak masyarakat ikut menghadiri secara langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Pada tahun ini, upacara akan dilaksanakan secara terbuka dengan jumlah undangan lebih banyak. "Tahun ini, masyarakat yang hadir di istana untuk mengikuti upacara akan lebih banyak dari tahun sebelumnya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam tayangan video peluncuran pandang istana, dikutip dari siaran pers Istana pada Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga

Adapun jumlah undangan yang telah disiapkan Sekretariat Presiden bagi masyarakat untuk hadir dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di sore hari yakni masing-masing 8.000 undangan. Selain itu, peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini juga akan dikemas lebih menarik dengan menyajikan sejumlah hiburan bagi masyarakat yang akan menyaksikan.

"Tentunya sangat menarik dan menghibur seluruh masyarakat," kata Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani.

Bagaimana cara mendaftarnya?

Masyarakat yang ingin mengikuti jalannya upacara di Istana Merdeka dapat mendaftarkan diri melalui laman pandang.istanapresiden.go.id. Pendaftaran mulai dibuka pada 5 Agustus 2023.

Masyarakat yang telah mendaftar akan diverifikasi terlebih dahulu. Kemudian, jika dinyatakan lolos verifikasi, pendaftar akan mendapatkan email notifikasi pengambilan undangan untuk hadir mengikuti upacara secara langsung di Istana Merdeka.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga mengingatkan masyarakat agar tidak melewatkan kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut secara langsung dari Istana Merdeka.

"Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk hadir pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini di Istana Merdeka," ucap Heru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement