Jumat 04 Aug 2023 19:20 WIB

Dinyatakan Meninggal Lima Tahun Lalu, Wanita Ini Ditemukan di Bogor

Dinsos Kota Bogor kemudian melakukan pemeriksaan iris mata dan biometris pada D.

Salah satu sudut di Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Salah satu sudut di Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor menemukan wanita asal Sukabumi berinisial D (29 tahun), yang sempat dinyatakan meninggal lima tahun lalu. D awalnya dijaring Dinsos Kota Bogor karena disangka gelandangan di Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bogor Dody Wahyudin mengatakan D ditemukan petugas Dinsos yang sedang melakukan penjangkauan pada Kamis (3/8/2023). Saat itu, D sedang berada di jalanan membawa karung berisi sampah, pakaian bekas, dan foto-foto lama.

Baca Juga

“Akhirnya kita bawa dulu ke Dinsos, kita asesmen ternyata ngomongnya kadang nyambung, kadang nggak. Psikolog kita menyatakan bahwa ini adalah terindikasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ),” kata Dody dikonfirmasi, Jumat (4/8/2023).

Dody mengatakan Dinsos Kota Bogor kemudian melakukan pemeriksaan iris mata dan biometris data kependudukan dari D. Dari situ, keluar data bahwa wanita tersebut merupakan warga Sukabumi.

Kemudian, kata Dody, ia melakukan penelusuran di wilayah melalui Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). PSM di Sukabumi pun sempat terkejut melihat D masih hidup.

“PSM sempat kaget juga, (sampai bilang) ‘ah yang benar?’ Setelah video call dan segala macam, ternyata ya itu, kita di telepon juga sampai nggak jelas, karena histeris. Karena si D itu sudah dinyatakan hilang dan meninggal beberapa tahun yang lalu,” jelas Dody.

Dinsos mendapat pernyataan D sudah meninggal dari keluarga...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement