Kamis 03 Aug 2023 17:36 WIB

Relawan Ganjar Muda Padjadjaran Gelar Workshop Petani Milenial di Sumedang

Smart farming adalah cara bertani dengan menggunakan teknologi.

kegiatan Workshop Petani Milenial di Era Digital bersama para pemuda yang ada di Sumedang, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
kegiatan Workshop Petani Milenial di Era Digital bersama para pemuda yang ada di Sumedang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Sukarelawan Ganjar Muda Padjadjaran (GMP) mengadakan kegiatan Workshop Petani Milenial di Era Digital bersama para pemuda yang ada di Sumedang, Jawa Barat. Ketua GMP Rendra Wibawa Setiawan mengatakan, kegiatan diadakan di GOR PGRI, Tanjung Kerta Sukamantri, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, ada seratus anak muda dan milenial yang kami berikan bekal atau pengetahuan cara bertani dengan metode smart farming," ujar dia, seperti dinukil pada Jumat (4/8/2023). 

Baca Juga

Dia menuturkan, smart farming adalah cara bertani dengan menggunakan teknologi berbasis digital. Dengan begitu, proses bertani menjadi makin mudah dan bisa dikuasai para generasi muda.

"Harapannya agar para milenial mau bertani di desanya dan tidak merantau ke kota untuk mencari pekerjaan," kata dia.

Dalam workshop tersebut, beberapa peserta juga berkesempatan untuk terjun langsung ke kebun pertanian milik Korda GMP Sumedang.

"Mereka bisa langsung praktik bagaimana cara bertani yang modern dan praktis," ujar dia. Pada kesempatan tersebut, GMP juga menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo, sebagai salah satu bacapres 2024.

"Beliau selama memimpin (Gubernur) Jawa Tengah menjadi salah satu lumbung padi terbesar di Indonesia karena mempunyai program kartu tani yang memudahkan petani untuk mendapat pupuk," ujar dia.

Abdullah, salah satu peserta mengaku senang bisa mengikuti workshop dari GMP tersebut. Dia mengaku mendapatkan banyak pengetahuan dan tertarik untuk bertani.

"Ini sangat bermanfaat bagi kami milenial yang memang tertarik untuk menjadi petani," ujar dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement