Rabu 02 Aug 2023 11:49 WIB

Harga Cabai di Pasar Naik, Mak Ganjar Ajak Warga Tanam Ratusan Pohon Cabai di Jaktim

Kegiatan ini merupakan Program 'Petik Masak Budidaya Pohon Cabai'.

Cabai (ilustrasi).
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Cabai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kenaikan harga bahan pokok terutama cabai di pasaran menjadi sorotan Relawan Mak Ganjar. Relawan bersama warga melakukan aksi menanam ratusan bibit cabai di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. 

Ketua Mak Ganjar se-Jabodetabek Evi menjelaskan kegiatan ini merupakan Program 'Petik Masak Budidaya Pohon Cabai', dalam aksi ini Relawan Mak Ganjar juga membagikan ratusan bibit pohon cabai.

Baca Juga

"Hari ini kita membagi bibit pohon cabai beserta pot dan media tanam sekitar 350 buah di Penggilingan, Jakarta Timur," kata Evi, seperti dinukil pada Rabu (2/8/2023). 

Ratusan peserta yang terdiri dari emak-emak sangat antusias mengikuti Program 'Petik Masak' dari Relawan Mak Ganjar, mereka juga diberikan pelatihan untuk budidaya menanam dan merawat pohon cabai.

Evi menambahkan, memang tujuan dari Program ini bukan hanya untuk silaturahmi ke kalangan emak-emak, tapi juga mengedukasi keterampilan menanam.

"Mak Ganjar juga memberikan pendidikan keterampilan menanam dan merawat cabai sampai berbuah, ini nanti akan bermanfaat untuk mengurangi cost anggaran rumah tangga untuk cabai yang terbilang mahal," ujar Evi.

Sementara itu, salah satu Peserta, Maria (42 tahun) mengatakan ia sangat terbantu dengan program ini, menurutnya program seperti ini sangat bagus untuk kreatifitas para ibu rumah tangga sepertinya.

"Program Mak Ganjar ini sangat bagus, bisa dilihat sendiri tadi antusias warga sangat ramai karena mereka diajari dan bisa menbudidayakan pohon cabai yang diberikan Mak Ganjar," kata dia.

Dia juga melayangkan ucapan terima kasih pada Mak Ganjar yang mau memberdayakan ibu rumah tangga sepertinya, ia juga melayangkan dukungan untuk Ganjar Pranowo.

Kegiatan serupa juga telah digelar di Pademangan, Jakarta Utara. Mak Ganjar membagikan 400 tanaman cabai lengkap dengan pot dan media tanam kepada warga Pademangan. 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Petik Masak yang kami usung sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Ketua Mak Ganjar Jakarta Utara Kiki, demikian dilansir dari Antara. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement