Kamis 27 Jul 2023 17:00 WIB

Peringati Hari Puisi Nasional, Srikandi Ganjar Ajak Milenial Ekspresikan Diri

Para milenial diajak kreatif membuat puisi.

Buku puisi (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Buku puisi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MENTENG -- Dalam rangka memperingati Hari Puisi Nasional yang jatuh setiap 26 Juli 2023, Srikandi Ganjar merangkul kaum milenial untuk menghargai karya para sastrawan terdahulu. Melalui pelatihan pembuatan dan pengejaan puisi, loyalis Ganjar Pranowo itu ingin agar para milenial mengekspresikan dirinya secara positif lewat karya. 

Acara yang menyasar generasi z itu berlangsung di Jalan Taman Matraman Timur, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (26/7/2023). 

Baca Juga

"Memperingati Hari Puisi Nasional jadi kami mengadakan pelatihan mengenai puisi, karna kami mengapresiasi sastrawan yang sudah menciptakan puisi itu sendiri dan karya-karya selama ini," ujar Korwil Srikandi Ganjar Jabodetabek, Wahyuni Safitri. 

Perempuan yang akrab disapa Fitri itu mengatakan, adanya pelatihan sebagai wadah untuk memperkenalkan puisi agar milenial makin tertarik pada karya sastra tersebut. 

Selain itu, Fitri juga ingin agar kaum milenial makin kreatif untuk mengeksplor bakat dalam dirinya. Dengan demikian, para peserta nantinya diharapkan bisa memiliki bekal jika mereka ingin berkecimpung di dunia sastra puisi. 

"Kami memperkenalkan kepada mereka puisi. Harapannya gen z ini mau terus mengeksplor diri mereka agar mereka selalu mencintai puisi dan mereka tidak memendam bakat itu. Jadi, mereka dengan adanya wadah ini punya bekal untuk ke depannya mengembangkan karya-karya mereka," kata Fitri. 

Pada kesempatan itu, Co-founder Komunitas Voice Of Cita bernama Rini Asriasni dihadirkan sebagai pemateri. Dalam pemaparannya, Rini menyampaikan mengenai tips dan trik membuat puisi. Kemudian, Rini juga mengajarkan para peserta cara membaca puisi. 

"Kami melihat penyakit anak muda itu ketika merasakan sesuatu itu suka melakukan hal-hal yang di luar ekspektasi. Tapi harapannya ketika teman-teman merasakan kesedihan, itu tidak menyalurkan pada hal-hal yang negatif, tapi bisa menyalurkan dalam bentuk menulis puisi," kata Rini. 

Rini berharap, nantinya para peserta makin mahir dalam membuat bait-bait puisi yang indah. Sehingga tercipta bibit-bibit sastrawan unggul yang dapat meneruskan perjuangan penyair terdahulu. 

"Harapannya peserta bisa membuat puisi dengan baik, bisa buat buku atau segala macamnya. Karena puisi itu harus punya ruh dan teman-teman harus menghidupkan puisi yang dia buat," sebut Rini. 

Dia menilai, pelatihan itu berjalan sangat meriah dan penuh antusias dari peserta. Sebab, para peserta aktif terlibat selama acara berlangsung bahkan saat sesi tanya jawab diadakan. 

"Saya rasa antusiasme peserta cukup bagus, karena melihat teman-teman menyimak dengan baik, juga mereka antusias untuk membacakan puisinya. Ternyata mereka punya banyak perasaan dalam diri mereka, tiba-tiba disuruh buat puisi mereka antusias mau menuangkan perasaannya," kata Rini.

Upaya meningkatkan kreatvitas milenial juga telah dilakukan kelompok yang sama dalam kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda di Taman Wisata Lyza Outbound, Desa Pertumbukan, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. 

Kegiatan ini berkolaborasi dengan komunitas budaya untuk mengajak para milenial bergabung.

"Generasi milenial merupakan usia produktif yang dianggap sebagai penentu arah masa depan dalam pelestarian budaya dan kearifan lokal yang ada di Indonesia. Banyak cara yang bisa dilakukan kaum milenial dalam melestarikan budaya, salah satunya ialah mempelajari kesenian lewat cara yang asyik dan membuat suatu komunitas budaya," ujar koordinator Srikandi Ganjar Sumut Firda Annisa seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement