Rabu 26 Jul 2023 16:04 WIB

Iluni UI Dukung Partisipasi Anak Muda Dalam Dunia Politik

Anak muda saat ini sangat berperan penting bagi pertumbuhan iklim demokrasi bangsa.

Para Alumni UI menghadiri talkshow politik bertajuk
Foto: Dok Iluni UI
Para Alumni UI menghadiri talkshow politik bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peran generasi muda di berbagai bidang sudah seharusnya diperhitungkan, termasuk dalam pengambilan kebijakan negara. Dalam konteks politik representasi, demokrasi dan pemilu, peran generasi muda menjadi amat penting untuk menentukan nasib demokrasi dan perjalanan bangsa ke depan.

Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Didit Ratam, menyampaikan, pihaknya mendukung partisipasi anak muda dalam dunia politik. Hal itu karena di tangan anak muda ada tanggung jawab untuk membentuk masyarakat yang penuh inklusivitas, toleransi, keadilan, serta penuh kemajuan.

"Iluni UI memiliki visi untuk dapat membuka jalan menuju era baru yakni era yang melahirkan generasi politisi yang lebih berintegritas," ucap dalam talkshow politik bertajuk 'Political Career Preparation for Alumni UI' di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta Pusat pada akhir pekan kemarin.

"Kegiatan ini bukan hanya perihal memberdayakan alumni muda UI untuk dapat masuk ke arena politik, namun juga untuk membentuk menjadi pemimpin yang akan memimpin dengan integritas, kompetensi, dan semangat mengedepankan kepentingan masyarakat," kata Didit menambahkan.

 

Ketua Career and Almamater Center Iluni UI, Kharisma Bintang Alghazy, menyampaikan, kegiatan seperti itu menjadi wadah untuk mengasah dan melatih alumni muda UI yang hendak atau ingin terjun ke dunia politik. Langkah itu penting sebelum mereka bertarung dan berkontestasi pada Pemilu 2024.

"Kita ingin mendorong keberanian teman-teman alumni muda UI, milenial, dan juga gen Z untuk berani terjun secara langsung ke bidang legislatif dengan membawa isu dan gagasan yang relevan terhadap permasalahan di masyarakat. Karena semua orang perlu melek politik supaya setiap kebijakan yang diambil itu bisa dikritisi," kata Bintang.

Bagi Bintang, anak muda saat ini sangat berperan penting bagi pertumbuhan iklim demokrasi bangsa Indonesia. Hal itu karena anak muda cenderung masih punya daya kritis yang baik. Tentu saja daya kritis ini perlu disalurkan ke hal-hal yang produktif dan relevan yang bisa berorientasi pada kebermanfaatan bagi masyarakat luas.

"Oleh karena itu kami berharap lewat kegiatan ini bisa membantu mereka membuka jejaring dan pintu pengetahuan untuk melengkapi bekal intelektual, termasuk terhadap alumni muda UI yang ikut berkontestasi pada Pemilu 2024," kata Bintang.

Anggota Komisi II DPR RI, Taufik Basari yang hadir sebagai pembicara turut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Iluni. "Ya tentu ini kegiatan yang sangat positif ya karena Iluni UI menyelenggarakan satu diskusi bertema politik yang masih belum banyak dilakukan oleh ikatan-ikatan alumni lainnya," kata politikus Partai Nasdem tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement